Detail Karya Ilmiah
-
ANALISIS ASPEK LITERASI SAINS PADA BUKU TEKS PELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR KELAS V (Studi Deskriptif Analitis Terhadap Buku Teks Pelajaran IPA di Sekolah Dasar Kelas V)Penulis : TISE KARISMA TRIYA HARDIANIDosen Pembimbing I : Mujtahidin, S.Pd., M.Pd.Dosen Pembimbing II :Isna Ida Mardiyana, S.Pd., M.Pd.Abstraksi
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan informasi mengenai ruang lingkup aspek literasi sains pada buku teks pelajaran IPA kelas V yang digunakan di Sekolah Dasar. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif deskriptif. Metode yang digunakan adalah metode dokumentasi. Objek penelitian adalah buku teks pelajaran IPA yang digunakan di tiga sekolah dasar inti. Sumber data diperoleh dari dua pokok bahasan pada masing-masing buku. Data dijaring dengan pedoman studi dokumen berisi indikator-indikator aspek literasi sains yang meliputi (1) pengetahuan sains, (2) penyelidikan sains, (3), sains sebagai cara berpikir, dan (4) interaksi sains, teknologi dan masyarakat. Analisis data dilakukan dengan cara statistik deskriptif dengan perhitungan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ruang lingkup aspek literasi sains pada buku yang dianalisi khususnya pada materi bidang biologi yaitu 66,6% memuat aspek pengetahuan sains, 19,2% memuat aspek penyelidikan sains, 12,6% memuat aspek sains sebagai cara berpikir, dan 1,6% memuat aspek interaksi sains, teknologi, dan masyarakat. Hasil tersebut menunjukkan bahwa buku yang digunakan belum menunjukkan keseimbangan aspek literasi sains dimana aspek pengetahuan sains masih jauh lebih besar dari ketiga aspek yang lain. Kata kunci: buku teks, literasi sains, SD
AbstractionThis study aims to provide information about the scope of science literacy aspect in textbooks of sciens fifth class in which uses in elementary school. The study used descriptive qualitative research. The method used documentation method. The object of the research is science textbook that used in three core of elementary school. Sources of data were obtained from two subject in each book. The data were encompassed by document study guides that containing indicators of literacy aspect of sciemce including (1) the knowledge of science, (2) the investigative nature of science, (3) science as a way of thinking, (4) interaction of science, technologi and society. Data analysis was done by descriptive statistic with the calculation of the presentage. The result showed that the scope of science literacy aspect of the book analyzed, aspecially in the field of biology that is 66,6% contains aspect of the knowledge of science, 19,2% contains aspect of the investigative nature of science, 12,6% contains aspect of science as a way of thinking and 1,6 contain aspects of interaction of science, technologi and society. The result indicated that the book that used has not shown the balance of science literacy aspect in which the aspect of science knowladge is still far greater than the other three aspet. Keyword: Text book, Science Literay, SD