Detail Karya Ilmiah

  • Analisis Dukungan Sosial Orang Tua Pada Kesiapan Belajar Anak UPTD SDN Karang Penang Onjur 2 Kabupaten Sampang
    Penulis : Novi Ayu Nurjanah
    Dosen Pembimbing I : Priyono Tri Febrianto, S.Sos., M.Si
    Dosen Pembimbing II :Rika Wulandari, S.Pd., M.Pd
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan dukungan sosial orang tua pada kesiapan belajar siswa UPTD SDN Karang Penang Onjur 2 Kabupaten Sampang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deksriptif. Informan dalam penelitian dalam penelitian ini terdiri dari siswa, guru kelas dan orang tua siswa. Penelitian ini dilakukan dengan teknik pengumpulan data berupa pengamatan (observasi), wawancara, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dukungan sosial orang tua tidak diberikan secara maksimal kepada anak, sehingga berpengaruh dalam kesiapan belajar anak, baik disekolah dan dirumah. Dukungan yng diberikan oleh orang tua hanya sebatas kebiasaan atau hanya dukungan sebagai kewajiban yang harus dipenuhi oleh orang tua, sehingga akan lebih merasa nyaman ketika berada disekolah. nmun anak kurang mempunyai kesiapan dalam hal kesiapan fisik, kesiapan psikis dan kesiapan materil. anak kurang dalam mempersiapkan materi sebelum sekolah karena anak tidak belajar setiap hari dan anak kurang mempunyai buku dikarenakan orang tu tidak mengizinkan anaknya untuk mempelajari buku selain buku yang diberikan dari sekolah. Kata Kunci : Dukungan Sosial Orang Tua, Kesiapan Belajar

    Abstraction

    The study aims to determine and describe the parental social support in students’ learning readiness at UPTD SDN Karang Penang Onjur 2, Sampang. This study is qualitative descriptive studies. The informants who appears in this study is from the students, the teacher, and the student’s parents. This study is conducted with the data collection techniques, such as, the form of observations, interviewing, and documenting. The result of the study shows that the parental social support is not maximally affecting to the students’ learning readiness at school and house. The support which given by the parents, it is only a habit or an obligation. The habit or obligation must be fulfilled by the parents-self. However, the student did not have the readiness in physical, psychological, and material. Therefore, the student did not study and have the book because the parents do not allow their children to read other books than books given from school. Keywords: parental social support, learning readiness

Detail Jurnal