Detail Karya Ilmiah

  • Pengaruh Pembelajaran dengan Metode Edutainment Terhadap Minat dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III SDN Mlajah 2
    Penulis : Setyorini, Widya Naning
    Dosen Pembimbing I : Mohammad Edy Nurtamam, S.Pd.,M.Si.,
    Dosen Pembimbing II :Rika Wulandari, S.Pd.,M.Pd.
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan yang signifikan hasil belajar matematika antara kelas yang menggunakan metode edutainment dengan kelas yang menggunakan pembelajaran konvensional serta mengetahui minat belajar siswa pada pembelajaran matematika dengan metode edutainment. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain Quasi Eksperimental jenis Nonequivalen Control Group Design. Penelitian ini dilaksanakan di kelas III SDN Mlajah 2 yang berjumlah 65 siswa. Sampel diambil dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, lembar tes hasil belajar kognitif siswa dan lembar angket minat belajar siswa. Berdasarkan pengujian uji t dua sampel independen diperoleh data pretest dengan nilai t hitung = -0,27 dan t xix tabel = 2,00. Oleh karena -t ? t tabel maka H 0 diterima. Sedangkan data posttest diperoleh nilai t = 2,00, maka H 0 ditolak dan H a hitung diterima artinya ada perbedaan yang signifikan, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pembelajaran dengan metode edutainment terhadap hasil belajar matematika siswa kelas III SDN Mlajah 2. Persentase skor rata-rata minat belajar siswa setelah diberikan perlakuan pembelajaran dengan metode edutainment yaitu sebesar 90,17% dengan kategori sangat tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa minat belajar siswa kelas III SDN Mlajah 2 memiliki minat belajar yang sangat tinggi setelah diberikan pembelajaran dengan metode edutainment. Kata Kunci: Pembelajaran, metode edutainment, minat belajar, hasil belajar

    Abstraction

    The aim of the study is to discover significant difference in the result of mathematics learning between classes using edutainment method with classes that use conventional learning and know the students' interest in learning mathematics with edutainment method. This research is a quantitative research using Quasi Eksperimental design type Nonequivalen Control Group Design. This research was conducted in class III SDN Mlajah 2 which amounted to 65 students. Samples were taken using a saturated sampling technique. The instruments used were observation sheets, test sheets of students' cognitive learning outcomes and student interest inquiry questionnaires. Based on the test of t-test two independent samples obtained pretest data with school grades t xx count = -0,27 and t = 2,00 because -t table ? t count ? t table then H 0 accepted. The data posttest obtained t = 3,63 > t table = 2,00, then H 0 rejected and H accepted. It means there are significant differences, so it can be concluded that there is a significant influence of learning with edutainment method of mathematics learning outcomes of students class III SDN Mlajah 2. Percentage score average student's learning interest after given the treatment of learning with edutainment method is 90.17% with very high category. This indicates that the interest of students of class III SDN Mlajah 2 has a very high learning interest after being given learning by edutainment method. a Keywords: Learning, edutainment method, interest in learning, learning outcomes

Detail Jurnal