Detail Karya Ilmiah
-
PENGEMBANGAN MULTIMEDIA SUSUNAN LAPISAN BUMI UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD KATOLIK MARIA FATIMA BANGKALANPenulis : RATRI NURZILA ANISATUN NAFI’AHDosen Pembimbing I : Mujtahidin, S.Pd.,M.PdDosen Pembimbing II :Fachrur Rozie, S.Pd., M.PdAbstraksi
Pengembangan multimedia susunan lapisan bumi untuk meningkatkan kemandirian belajar pada mata pelajaran IPA materi susunan lapisan bumi dilatarbelakangi dengan masalah yang ditemukan bahwa guru kelas V disemester dua tidak menggunakan media pada pembelajaran karena menitikberatkan pada terselesainya materi pembelajaran, dan siswa dalam pembelajaran kurang memiliki kemandirian belajar sehingga siswa kurang aktif dalam pembelajaran. Prosedur pengembangan pada pengembangan mengikuti prosedur dari Kemp and Dayton yang diadaptasi oleh Ramansyah yaitu: 1) tujuan umum pembelajaran, 2) tujuan khusus pembelajaran, 3) karakteristik audiens, 4) isi materi, 5) treatment, 6) storyboard, 7) naskah, 8) developing, editing and mixing, dan 9) testing and revising. Hasil uji coba kelayakan diperoleh dari ahli materi, ahli media,ahli desain dan ahli bahasa dengan sebesar 86,4%. Kemenarikan multimedia pada uji coba kelompok kecil 94,6% dan uji coba kelompok besar 90,5%. Keterterapan multimedia pada uji coba kelompok kecil 92% dan uji coba kelompok besar 96%. Keefektifan multimedia diperoleh hasil belajar uji coba kelompok kecil 83,3% dan uji coba kelompok besar 85%. Hasil analisis kemandirian belajar siswa setelah menggunakan multimedia yaitu 18 siswa telah menunjukkan peningkatan kemandirian belajar. Hasil menunjukkan bahwa multimedia sangat layak, sangat menarik, sangat boleh diterapkan, sangat efektif dan meningkatkan kemandirian belajar siswa. Kata Kunci: Multimedia, Susunan Lapisan Bumi, IPA, Kemandirian Belajar
AbstractionThe development of mult imedia earth layer’s structure to increase the autonomous learning on the natural sciences, earth layer’s structure theory background by the problem which founded the teacher in the fifth grade in second semester is not we media on learning because of the ending theory of learning and the students is less to be active in the learning. The procedure of development follows the procedure from Kemp and Dayton which adapted by Ramansyah is: 1) the general aim of learning, 2) the specific aim of learning, 3) the characteristic of audience, 4) the of theory, 5) treatment 6) storyboard, 7) Script, 8) developing, editing and mixing, and 9) testing and revising. The result of experiment expediency is gained from theory’s expert, media’s expert, design’s expert, and language’s expert in the amount of 86,4%. The drawa out of mult imedia on the experiment small group 94,6% and experiment of big group 90,5%. The applied of multimedia on the experiment small group 90% and the experiment on big group 96%. The effectiveness of multimedia is gained from the result of experiment small group 83,3% and the experiment of big group 85%. The result of analysis autonomous student’s learning after use mult imedia that is 18 students have shown the increase of autonomous learning. The result shows that multimedia is very suitable, very interesting, very able to be applied, very effective and increasing the autonomous student’s learning. Keyword: Multimedia, earth layer’s structure, natural science, autonomous student’s learning.