Detail Karya Ilmiah

  • Analisis Kemandirian Belajar Siswa Ditinjau Dari Motivasi Orang Tua Dan Motivasi Guru di SDN Bancaran 1 Bangkalan.
    Penulis : NUR HASANAH
    Dosen Pembimbing I : Priyono Tri Febrianto, S.Sos., M.Si
    Dosen Pembimbing II :Rika Wulandari, S.Pd., M.Pd.
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemandirian belajar siswa ditinjau dari motivasi orang tua dan motivasi guru di SDN Bancaran 1 Bangkalan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subyek penelitian ini adalah guru kelas IV, V dan VI, orang tua, dan siswa kelas IV, V dan VI. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan kemandirian belajar siswa ditinjau dari motivasi orang tua antara lain siswa rajin belajar, memiliki jadwal belajar sendiri, belajar tanpa disuruh, yakin bisa mencapai target belajarnya, memanfaatkan waktu untuk terus belajar, berusaha mencari sumber belajar yang diperlukan, mengevaluasi hasil belajar dan merefleksi atas kegiatan belajar yang dilakukan. Sedangkan, kemandirian belajar siswa ditinjau dari motivasi guru antara lain siswa membuat catatan penting saat proses pembelajaran, tidak mencontoh pekerjaan teman saat mengerjakan tugas, menyelesaikan tugas yang diberikan guru tepat waktu, selalu fokus dalam pembelajaran, inisiatif bertanya kepada guru saat mengalami kesulitan belajar, berani memberikan pendapat yang berbeda dari temannya dalam pembelajaran, selalu aktif mengikuti pembelajaran, bisa mengembangkan sendiri pelajaran yang telah diberikan sehingga pengetahuan siswa luas untuk berpikir mandiri, membandingkan hasil belajar yang diperoleh dengan target belajar direncanakan dan menentukan tujuan belajarnya. Kata kunci: kemandirian belajar siswa, motivasi orang tua, motivasi guru

    Abstraction

    This research aims to determine the independence of student learning viewed from the motivation of parents and the motivation of teachers in SDN Bancaran 1 Bangkalan. This research using qualitative descriptive approach. The subject of this study is the teacher of class IV, V, and VI, parents, and students of classes IV, V, dan VI. Data collection by means of interviews, observation, questionnaires and documentation. The results of this research show independence in student learning terms of the motivation of the parents, among others, the students diligently studied, has a scredule of self-study, learning without prompting, sure can reach the target of learning, use the time to continue learning, trying to find the source of the necessary learning, evaluate learning outcomes and reflect upon the learning activities conducted. Whereas, the independence of student learning review of teacher motivation among the other students make important notes during the learning process, not to imitate the work of a friend while working on a task, complete the task given by the teachers on time, always focused in learning, the initiative to ask the teacher when experiencing difficulty learning, dare to give a different opinion from his friends in learning, always actively participating in learning, can develop their own lessons that have been given so that the student’s knowledge area to think independently, comparing the results of the study obtained with the target learning is planned and determine the purpose of their learning. Keyworsd: the learning independence of the student, the motivation of parents, the motivation of teachers

Detail Jurnal