Detail Karya Ilmiah
-
PENGEMBANGAN LKS BERBASIS POE (PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN) UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA TEMA 9 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 3 KELAS IV UPTD SDN BLEGA 01, BANGKALANPenulis : AYU DENISADosen Pembimbing I : Mujtahidin S.Pd, M.Pd.Dosen Pembimbing II :Rika Wulandari, S.Pd.,M.Pd.Abstraksi
Lembar Kerja Siswa berbasis POE (Predict-Observe-Explain) merupakan alat bantu untuk siswa belajar mandiri dan juga sebagai pendukung guru untuk menyampaikan materi kepada siswa. Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah untuk mengembangkan lembar kerja siswa yang valid, menarik dan efektif. Prosedur pengembangan menyesuaikan prosedur 4D yang terdiri dari 4 tahapan yaitu, 1) Define, 2) design, 3) development, 4) dessiminate. Hasil kevalidan yang didapat dari validator ahli bahasa, media, design pembelajaran dan materi sebesar 92,08%, kevalidan yang didapat dari validasi pengguna sebesar 92,08% Kemenarikan LKS sebesar 83%, Keefektifan LKS diperoleh darihasil belajar siswa sebesar 85%, aktivitas siswa sebsar 94,34% , akivitas guru sebesar 93,27% dan Hasil analisis siswa kemampuan berpikir kritis siswa setelah menggunakan LKS Berbasis POE yaitu 20 siswa telah menunjukkan peningkatan kemampuan berpikir kritis dengan nilai 0,60 kategori sedang. Hasil menunjukkan bahwa LKS sangat valid, sangat menarik, efektif dan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Kata Kunci: LKS, POE, Pembelajaran 3, Berpikir Kritis Siwa
AbstractionThe POE-based Student Worksheet (Predict-Observe-Explain) is a tool for students to learn independently and also as a support teacher to deliver material to students. The purpose of this development research is to develop student work sheets that are valid, interesting and effective. The development procedure adjusts the 4D procedure which consists of 4 stages namely, 1) Define, 2) design, 3) development, 4) disseminate. Validity results obtained from the validator of linguists, media, learning and material design amounted to 92.08%, validity obtained from user validation amounted to 92.08%. as much as 94.34%, teacher activities amounted to 93.27% and the results of students 'analysis of students' critical thinking skills after using POE-based LKS were 20 students who showed an increase in critical thinking skills with a value of 0.60 in the moderate category. The results show that student worksheets are very valid, very interesting, effective and can improve students' critical thinking skills. Keywords: LKS, POE, Learning 3, Critical Thinking of Students