Detail Karya Ilmiah
-
Peran Guru dalam Menanamkan Karakter Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Kesenian Musik Tradisional Saronèn di SDN Kalianget Timur VIIIPenulis : Desi Sri LestariDosen Pembimbing I : Priyono Tri Febrianto, S.Sos., M.Si.,Dosen Pembimbing II :Indah Setyo Wardhani, S.Pd., M.Pd.Abstraksi
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru dalam menanamkan karakter siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler kesenian musik tradisional saronèn, kesulitan yang dialami guru, serta bagaimana upaya guru dalam mengatasi kesulitan yang dialami. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif deskriptif. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah guru pelatih. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru menjalankan peranannya sebagai: 1) teladan melalui sikap disiplin guru dengan selalu mendampingi siswa setiap latihan, 2) inspirator yaitu membangkitkan minat siswa dengan mengajak siswa belajar diluar ruangan, 3) motivator dengan memberikan pujian terhadap setiap keberhasilan siswa, dan 4) dinamisator dengan menciptakan iklim belajar yang kondusif. Peneliti juga menjumpai beberapa peran guru lainnya yang muncul pada saat kegiatan ekstrakurikuler dilaksanakan yaitu peran guru sebagai: 5) pengelola kelas yaitu menata alat musik dan tempat duduk siswa, mengelola interaksi antara guru dan siswa, 6) pembimbing dengan memberikan arahan dan nasehat, 7) organisator yaitu mengelola kegiatan sekolah, dan 8) fasilitator dengan memanfaatkan alat musik. Nilai karakter yang ditanamkan yaitu disiplin, religius, percaya diri, tanggungjawab, dan nasionalis. Adapun kesulitan yang dialami guru yaitu siswa ramai, tidak hadir, datang terlambat, melatih siswa yang kesulitan menghafal nada, melatih tari, cuaca, pelatih dari luar sekolah tidak selalu hadir. Sedangkan upaya yang dilakukan guru yaitu menciptakan suasana yang kondusif, memberikan nasehat, latihan secara berulang-ulang, mengundang pelatih tari dari luar sekolah, pindah kedalam ruangan, dan tetap berlatih dengan didampingi guru pelatih lainnya. Kata Kunci: Peran guru, Karakter, Ekstrakurikuler Musik Saronèn
AbstractionThis study aims to determine the role of the teacher in instilling the character of students through extracurricular activities of the saronèn traditional music, the difficulties experienced by the teacher, and how the teacher attempts to overcome the difficulties experienced. The research method used is descriptive qualitative method. The research subjects in this study were teacher trainers. The results of this study indicate that the teacher carries out his role as: 1) exemplary through teacher disciplinary attitudes by always accompanying students in each exercise, 2) inspirator ie arouse student interest by inviting students to study outside the room, 3) motivator by giving praise to each student's success, and 4) dynamics by creating a conducive learning climate. The researcher also found several other teacher roles that emerged during extracurricular activities carried out, namely the role of the teacher as: 5) class managers, namely arranging musical instruments and seating students, managing interactions between teachers and students, 6) mentors by providing direction and advice, 7) organizers namely managing school activities, and 8) facilitators by using musical instruments. The values of the characters instilled are discipline, religious, self-confidence, responsibility, and nationalism. As for the difficulties experienced by teachers namely students crowded, absent, arriving late, training students who have difficulty memorizing tones, practicing dance, weather, coaches from outside the school are not always present. While the efforts made by the teacher are creating a conducive atmosphere, giving advice, repetitive training, inviting dance trainers from outside the school, moving into the room, and still practicing accompanied by other coaches. Keywords: Teacher's Role, Character, Extracurricular Saronèn Music