Detail Karya Ilmiah

  • PELAKSANAAN ASSESSMENT DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA CITA-CITAKU SUB TEMA 1 AKU DAN CITA-CITAKU PADA KELAS IV DI SDN SOCAH 4 BANGKALAN
    Penulis : Masykuriyah Ananda
    Dosen Pembimbing I : Sulaiman, S.Pd., M.Pd.
    Dosen Pembimbing II :Andika Adinanda, S.Pd., M.Pd.
    Abstraksi

    Masykuriyah Ananda. 2018. Pelaksanaan Assessment dalam Pembelajaran Tematik Tema 6 Cita-Citaku Sub Tema 1 Aku dan Cita-Citaku pada Kelas IV di SDN Socah 4 Bangkalan. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Trunojoyo Madura. Pembimbing I: Sulaiman, S.Pd., M.Pd, Pembimbing II: Andika Adinanda, S.Pd,. M.Pd. ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan assessment dalam pembelajaran tematik tema 6 Cita-Citaku sub tema 1 Aku dan Cita-Citaku. Setiap pembelajaran pastinya selalu dilaksanakan penilaian oleh guru untuk mengetahui hasil dari pembelajaran yang telah dilakukan. Penelitian ini menggunakan jenis kualitatif deskriptif. Objek penelitian ini adalah semua siswa kelas IV di SDN Socah 4. Pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan juga dokumentasi. Data yang telah terkumpul akan direduksi dan triangulasikan kemudian dianalisis oleh peneliti. Hasil analisi yang dilakukan oleh peneliti diketahui bahwa pada pembelajaran tema 6 sub tema 1 ini, guru menggunkan jenis penilaian jenis tes dan juga non-tes. Jenis penilaian yang digunakan guru yaitu: tes tulis, tes lisan, portofolio, jurnal catatan guru, observasi dan unjuk kerja. Hasil pelaksanaan assessment pada pembelajaran tematik dibuktikan dengan hasil wawancara, observasi dan didukung dengan dokumentasi. Kendala yang dialami guru pada pelaksanaan assessment yaitu pada pemasukan nilai siswa, yang dilakukan permata pelajaran meski pembelajaran dilakukan pertema. Kata Kunci: Pelaksanaan assessment, Penilaian autentik.

    Abstraction

    Masykuriyah Ananda. 2018. The Implementation of Assessment in Learning Thematic in 6 th Theme Cita-Citaku at 1st Sub-Theme Aku dan Cita-Citaku in 4 class at SDN Socah 4 Bangkalan. Thesis, Elementary School Teacher Education Program, Faculty of Education, University of Trunojoyo Madura. First advisor: Sulaiman, S.Pd., M.Pd. Second advisor: Andika Adinanda, S.Pd., M.Pd. ABSTRACT This study aims to find out how the implementation of assessment in the scientific learning in the 6th theme Cita-Citaku at 1st Sub-Theme Aku dan Cita-Citaku. There will be always an assessment by the teacher to know the result of learning that has been done. This research uses descriptive qualitative type. The object of this research is all studens of 4 th class in SDN Socah 4. The data collection used in this research are observation, interview and also documentation. The collected data will be reduced and triangulated and analyzed by the researcher. From the result of the analysis conducted by the researcher are found that in learning in 6 th theme at 1st sub-theme, the teacher uses the typo of assessment using test and non-test. The types of tests used by teacher are oral tests, written tests, portofolio, the teacher's journal notes, observation and showing the work. The result of assessment's implementation in the thematic learning is proved by the result of interview, observation and supported by the documentation. The constraint for the teacher in the implementation of assessment are entering the school grades which is done in each course although the learning process done in each theme. Keywords: Implementation of assessment, authentic assessment. th

Detail Jurnal