Detail Karya Ilmiah
-
PENGEMBANGAN DIORAMA METAMORFOSIS KUPU-KUPU UNTUK PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SDN BRANTA PASESER 1 PAMEKASANPenulis : Eni SulistiawatiDosen Pembimbing I : M. Edy NurtamamDosen Pembimbing II : Fachrur RozieAbstraksi
Abstrak Keberhasilan Kegiatan proses pembelajaran ditinjau dari perangkat pembelajaran yang digunakan. Salah satu Perangkat pembelajaran yang mendukung dalam proses pembelajaran yaitu media pembelajaran. SDN Branta Paseser 1 di kelas IV dalam proses pembelajarannya menggunakan media yaitu media 2 dimensi (media gambar), media yang digunakan tidak menarik perhatian siswa, sehingga seringkali siswa merasa bosan dengan pembelajaran IPA terutama materi siklus hidup hewan “Metamorfosis kupu-kupu”. Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti berkeinginan untuk mengembangkan media yang layak, efektif, menarik dalam proses pembelajaran IPA dengan menggunakan model 4-D (Define, Design, Development, Disseminate). Penelitian ini bertujuan untuk Mengembangkan media Diorama yang layak dari segi kelayakan, kemenarikan, keefektifan dan keterlaksanaan pada siswa kelas IV SDN Branta Paseser 1 Tlanakan Pamekasan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil bahwa persentase kelayakan media diorama metamorfosis kupu-kupu menurut Ahli media 95% sangat valid, Ahli materi 95% sangat valid dan Ahli Instrumen Pembelajaran 90,6% sangat valid. Kemenarikan media pembelajaran Diorama metamorfosis kupu-kupu memperoleh skor 89,2% dengan keterangan sangat menarik, sangat baik digunakan. Keefektifan pembelajaran dengan menggunakan media diorama metamorfosis kupu-kupu ditinjau dari segi aktivitas guru memperoleh persentase 92,9% sangat efektif, dan persentase aktivitas siswa memperoleh nilai 89,8% sangat efektif. Hasil belajar siswa dalam ketuntasan belajar klasikal diperoleh 80,6% dengan kriteria baik. Keterlaksanaan pembelajaran memperoleh nilai 95% dengan keterangan sangat terlaksana,sangat baik digunakan. Kata Kunci: Media Pembelajaran IPA, Media Diorama, Model Pengembangan 4-D
AbstractionSuccessful Learning process activities are reviewed from the learning devices used. One of the learning tools that support the learning process of learning media. SDN Branta Paseser 1 in class IV in the process of learning using media that is media 2 dimension (image media), media used do not attract student attention, so often student feel bored with learning science especially animal life cycle "Metamorphosis of butterfly". Based on these problems, researchers are eager to develop a viable, effective, interesting medium in the science-learning process using the 4-D model (Define, Design, Development, Disseminate). This study aims to develop a decent Diorama media in terms of feasibility, attractiveness, effectiveness and implementation in grade 4 students SDN Branta Paseser 1 Tlanakan Pamekasan. Based on the results of the research, it was found that the percentage of media feasibility of metamorphosis of butterfly metamorphosis according to media expert 95% is very valid, Material expert 95% very valid and Expert of Learning Instrument 90,6% very valid. Attractiveness of learning media Diorama metamorphosis butterfly scored 89.2% with very interesting description, very well used. The effectiveness of learning by using diorama metamorphosis butterfly media in terms of teacher activity obtained 92.9% percentage is very effective, and the percentage of student activity scored 89.8% very effective. Student learning outcomes in the completeness of classical learning obtained 80.6% with good criteria. Implementation of learning scores 95% with the description is very done, very good to use. Keywords: Science Media, Diorama Media, 4-D Development Model.