Detail Karya Ilmiah

  • Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Model Inkuiri Berbasis Laboratorium untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa UPTD SDN Bandung 1 Kec. Konang.
    Penulis : DEWI WAHYUNI
    Dosen Pembimbing I : Moh. Edy Nurtamam, S.P.d., M.Si
    Dosen Pembimbing II :Isna Ida Mardiyana, S.Pd,. M.Pd.
    Abstraksi

    Lembar kerja siswa yang biasa digunakan adalah lembar kerja siswa yang berisi materi, dan latihan-latihan soal. Lembar kerja siswa tersebut hanya membuat siswa monoton dan tidak mengerti apa tujuan dari yang mereka lakukan. Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti bertujuan untuk mengembangkan lembar kerja siswa yang valid, praktis, dan efektif dalam pembelajaran di SDN Bandung 1 Kec. Konang. Pengembangan ini menggunakan model 4D yang terdiri dari 4 tahapan 1) define 2) design 3) development, dan 4) disseminate. Rata-rata hasil validasi yang diperoleh dari ahli media, ahli materi, ahli desain pembelajran, dan ahli bahasa sebesar 82.115% dengan kategori valid. Kepraktisan produk 92.85% dengan kategori praktis. Keefektifan ditinjau dari aktivitas Siswa 79.01% dengan kategori baik, angket respon siswa 90.5% dengan kategori sangat baik, tes hasil belajar siswa dalam ketuntasan klasikal sebesar 90%. Peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dari hasil uji gain sebesar 0.65% dengan kategori peningkatan sedang, maka termasuk dalam kategori efektif. Lembar kerja siswa model inkuiri berbasis laboratorium kemudian disebarkan dengan jumlah terbatas, yaitu lima produk ke UPTD SDN Bandung 3 Kec. Konang. Kata Kunci: Lembar Kerja Siswa, Model Inkuiri Berbasis Laboratorium, Berpikir Kritis

    Abstraction

    The commonly used student worksheet are student worksheets containing material, and problem exercises. The student worksheet only make students monotonous and do not understand what they are doing. Based on these problems, the researcher aims to develop student worksheets that are valid, practical, and effective in learning at UPTD SDN Bandung 1 Sub-district Konang. This development uses a 4D model consisting of 4 stages 1) define 2) design 3) development 4) disseminate. Based on the result of validation obtained from media experts, material experts, design experts, and language experts amounted to 82.115% with valid categories. Product practicality 92.85% with practical categories. Effectiveness in terms of student activities 79.01% with good categories, student response questionnaires 90.5% with very good categories, tests of student learning outcomes in classical completeness by 90%, improvement in students’ critical thinking skills from the test result gain of 0.65% with moderate improvement categories, it belongs to the effective categories. Student worksheet based on laboratory-based inquiry are then distributed in a limited number, namely 5 products to UPTD SDN Bandung 3 Kec. Konang. Keywords: Student Worksheet, Laboratory Based Inquiry Model, Critical Thinking

Detail Jurnal