Detail Karya Ilmiah

  • Peran Guru dalam Mengembangkan Aspek Psikomotorik Siswa Pada Pembelajaran Kurikulum 2013
    Penulis : Ife Deanita
    Dosen Pembimbing I : Priyono Tri Febrianto, S.Sos,.M.Si.
    Dosen Pembimbing II :Indah Setyo Wardhani, S.Pd,.M.Pd.
    Abstraksi

    Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya pengembangan aspek psikomotorik yang dilakukan oleh guru, tetapi di SDN Pandanwangi Jombang aspek psikomotorik ini diperhatikan oleh guru dan dikembangkan melalui pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru dalam mengembangkan aspek psikomotorik siswa pada pembelajaran kurikulum 2013. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sampel sumber data dipilih secara purposive sampling. Informan pada penelitian ini diantaranya guru kelas IV, guru kelas V, siswa kelas IV dan siswa kelas V. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, peran guru dalam mengembangkan aspek psikomotorik siswa pada pembelajaran kurikulum 2013 telah mencakup beberapa peran secara keseluruhan seperti memberikan informasi, berinisiatif menggunakan metode dan variasi media pandang, menyediakan fasilitas, memberikan dukungan dan penguatan motivasi, membimbing proses belajar siswa, memberikan petunjuk dan mengoreksi, mengkondisikan kelas, guru menjadi penengah diskusi, membuat perangkat pembelajaran, mengamati perkembangan, dan mengevaluasi. Kesulitan yang dihadapi guru dalam mengembangkan aspek psikomotorik seperti siswa malas dalam berfikir, kurang bersemangat untuk mencari informasi dan membaca buku, serta siswa tidak tertarik untuk bergerak. Upaya guru yaitu memperbanyak referensi tentang pemilihan pendekatan pembelajaran yang disesuaikan dengan perkembangan siswa, mengkondisikan siswa menjadi aktif dengan memilih model, strategi dan metode yang tepat, guru selalu memberikan semangat dan bimbingan untuk siswa yang kurang tertarik dalam pembelajaran. Kata kunci : Peran Guru, Aspek Psikomotorik dan Pembelajaran Kurikulum 2013

    Abstraction

    This research based on lack of the implementation of psychomotor aspects commited by teachers, but interestingly further research found that in primary school of jombang there were psychomotor aspects implemented in learning that considered by teachers. The aim of this research was to investigate the role of teachers in developing students psychomotor aspects of 2013 curriculum learning. The methodelogical approach taken in this research was qualitative descriptive. Method of data collection using interview technique, observation and documentation. The source of data sample were selected using purposive sampling. Informant of this research were teachers from fourth and fifth grade and students from fourth and fifth grade. Based on the research findings, it can be concluded that the role of teachers in developing students psychomotor aspects of 2013 curriculum learning have completely covered in several roles namely teachers as provide information, take the initiative to use methods and variations media of view, provide facilities, provide support and strengthen motivation, guide the student learning process, provide guidance and correct, condition the class, the teacher mediates the discussion, makes learning toools, observes student development and evaluates. Difficulties encountered such an students are lazy to thinking, lack of spirit to find information and read a book and than students are less interested in moving. The teachers effort is to multiply references on the selection of learning approaches who are adjust to student progress, conditioned students to be active with the selection of appropriate models, strategies and learning methods, teachers always provide encouragement and guidance for students who are less interested in learning. Keywords: The role of teachers, Psychomotor aspects, 2013 curriculum learning.

Detail Jurnal