Detail Karya Ilmiah

  • PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS VI SDN KEJAPANAN III
    Penulis : CHUSNUL YULIANTI
    Dosen Pembimbing I : Moh. Edy Nurtamam, S.Pd., M.Si.
    Dosen Pembimbing II :Rika Wulandari, S.Pd., M.Pd.
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh pembelajaran matematika dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas VI SDN Kejapanan III. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu desain quasi experimental design jenis nonequivalent control group design. Pada penelitian ini menggunakan 40 siswa sebagai sampel yaitu 20 siswa kelas eksperimen dan 20 siswa kelas kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian menggunakan tes, angket, dan observasi. Tahap yang digunakan yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji komparatif dua sampel (t-independent). Berdasarkan hasil uji hipotesis motivasi belajar siswa menggunakan uji-t diperoleh thitung = 11,0880 > ttabel = 2,0244 maka Ho ditolak Ha diterima. Sedangkan, hasil uji hipotesis untuk hasil belajar menggunakan uji-t diperoleh thitung = 4,5513 > ttabel = 2,0244 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa, terdapat pengaruh yang signifikan pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas VI SDN Kejapanan III. Kata kunci: Kooperatif Tipe Make A Match, Motivasi Belajar, dan Hasil Belajar

    Abstraction

    This research aims to know whether there is the impact of mathematic learning by applying corporative learning method type make a match toward student’s motivation and learning result of the 4th grade students of SD Kejapanan III. This is a quantitative research. The research design of this study is quasi experimental design type nonequivalent control group design. The writer uses 40 students as the sample of this research, 20 students for experimental class and 20 students for controlling class. The data collection technic in this study is using test, questionnaire, and observation. The stages used are validity test, reliability test, normality test, homogeneity test, and two-sample test (t-independent). Based on the motivation hypothesis test results of the students' learning using the t-test obtained t count = 11.0880> t table = 2.0244, so Ho is rejected Ha accepted. Whereas, the results of hypothesis testing for learning outcomes using the t-test obtained t count = 4.5513> t table = 2.0244 then Ho is rejected and Ha is accepted. So it can be concluded that, there is a significant effect of mathematics learning by using the cooperative learning model type make a match on motivation and learning outcomes of the 4th grade of SDN Kejapanan III students. Key Word: Coorporative type Make A Match, Learning Motivation, and Learning Result

Detail Jurnal