Detail Karya Ilmiah

  • PENGEMBANGAN MEDIA GAMBAR BERSERI BERBASIS PUZZLE DUA DIMENSI UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS IV SDN BANCARAN 2 BANGKALAN
    Penulis : FILDZAH SALSABILA HADIDA
    Dosen Pembimbing I : Mujtahidin, S.Pd., M.Pd.,
    Dosen Pembimbing II :Isna Ida Mardiyana, S. Pd., M.Pd.
    Abstraksi

    ABSTRAK Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran gambar berseri pada pembelajaran ilmu pengetahuan Alam berbasis puzzle 2D yang akan digunakan pada siswa kelas IV di SDN Bancaran 2 Bangkalan. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan Borg and Gall. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tingkat kevalidan dari validator yaitu ahli media pembelajaran 94%, ahli materi 86%, dan ahli desain pembelajaran 78% dengan hasil perhitungan ratarata kevalidan gabungan pengembangan media masuk kedalam kriteria sangat valid. (2) Tingkat kepraktisan media berdasarkan lembar observasi aktivitas guru yaitu sebesar 90,6% dengan kriteria sangat praktis. (3) Tingkat keefektifan media yaitu, angket minat belajar siswa sebesar 83.4% dan lembar observasi aktivitas siswa sebesar 86.5% dengan hasil perhitungan rata-rata keefektifan media masuk kedalam kriteria sangat efektif. Kesimpulan penelitian ini adalah media pembelajaran gambar berseri berbasis puzzle 2D pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam sangat valid, sangat praktis dan sangat efektif untuk digunakan pada kelas IV di SDN Bancaran 2 Bangkalan. Kata Kunci: Media Pembelajaran Gambar Berseri, Puzzle 2D, Minat Belajar, Pembelajaran IPA

    Abstraction

    This study aimed to purpose to develop series picture media of natural science subject learning based on puzzle 2D that will be used for student grade IV SDN Bancaran 2Bangkalan. This study development research with development model Borg and Gall. The result showed that: (1) The validity of the validator’s rate 94%, 86% of material of expert and 78% of the learning design expert with the calculation of the average media validity which is converted into very valid category, very good in used. (2) Result of media practically based observation sheet of teacher activity that is 90.6% with very practical criteria, very good in used. (3) Result ofeffectiveness level of media thatis questionnaire student response83.4% andobservation sheet of student’s activity 86.5%with result of calculation of average of effectiveness of media which then converted into very effective category. The conclusion of this study is the media of learning series picture based on puzzle 2D in natural science subject is very valid, practical and effective to use in grade IV at SDN Bancaran 2 Bangkalan. Key Word : Media of Learning Series Picture, Puzzle 2d, Learning Skill, Science.

Detail Jurnal