Detail Karya Ilmiah

  • ANALISIS KESULITAN GURU DALAM MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN PPKn PADA KURIKULUM 2013 (Studi Kasus Kelas IV SDN Banyuajuah 3 Kamal)
    Penulis : ILMI ALYA NILAKANDI
    Dosen Pembimbing I : Mujtahidin, S. Pd., M. Pd
    Dosen Pembimbing II :Indah SetyoWardani, S. Pd., M. Pd
    Abstraksi

    Tujuan penelitian ini untuk menunjukkan kesulitan yang dialami guru dalam melaksanakan pembelajaran PPKn pada kurikulum 2013, faktor penyebab, dan upaya yang dilakukan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, yang disajikan dalam bentuk uraian deskripsi. Ruang lingkup data yang dianalisis bersifat terbatas yakni kesulitan yang dialami guru kelas IV SDN Banyuajuh 3 Kamal. Teknik pengambilan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan kesulitan guru meliputi: kesulitan guru memberikan pembelajaran yang berpusat pada siswa, mengintegrasikan PPKn melalui pembelajaran tematik yang menyenangkan, memberikan pengalaman langsung kepada siswa melalui pendekatan saintifik, mengatasi perilaku siswa, mengatur alokasi waktu, dan memberikan evaluasi sikap. Faktor penyebab kesulitan tersebut dibedakan menjadi dua, yaitu faktor internal yang berasal dari pemahaman guru dan faktor eksternal yang berasal dari siswa, sumber belajar, dan alokasi waktu. Adapun upaya yang dilakukan, meliputi: mengikuti pelatihan, berupaya membiasakan dalam memberikan pembelajaran tematik sesuai pelatihan yang dilakukan, menambah wawasan dari berbagai sumber, mendampingi terus menerus siswa yang kurang memahami materi pelajaran melalui pemberian tugas dan jam tambahan, memberikan pengarahan perilaku sikap, serta membiasakan melakukan penilaian sikap. Penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan acuan guru dalam menyempurnakan penerapan pembelajaran PPKn pada kurikulum 2013 di tingkat Sekolah Dasar. Kata Kunci: Kesulitan guru, Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Kurikulum 2013, Sekolah Dasar.

    Abstraction

    The purpose of this research is to show the difficulties of teachers in implementing Civics learning on the curriculum of 2013, the factors, and the efforts undertaken. This research is a descriptive qualitative research, presented in the form of description. The scope limitation is difficulties of teacher class IV SDN Banyuajuh 3 Kamal. Technique of taking data is observation, interview, and documentation. The results show that the difficulties of teachers include: the difficulties of teachers providing student centered learning, integrating Civics through enjoyable thematic learning, providing direct experience to students through a scientific approach, addressing student behavior, managing time allocations, and providing attitude evaluation. The factors of difficulties are divided into two, namely internal factors derived from the understanding of teachers and external factors derived from students, learning resources, and time allocation. The efforts undertaken include: following the training, trying to familiarize them in providing thematic lessons according to the training they have done, adding insights from various sources, assisting students who are less understanding of the subject matter through the giving of tasks and extra hours, giving attitude guidance, accustom to conduct attitude assessment. This research can be used as a reference for teachers in improving the implementation of Civics learning in the 2013 curriculum at elementary school level. Key Words: Teacher Difficulties, Pancasila and Citizenship Education Learning (Civics), Curriculum 2013, Elementary School.

Detail Jurnal