Detail Karya Ilmiah
-
Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Berbantuan Media Gelas Bilangan Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Matematika Kelas I SDN Murtajih I PademawuPenulis : Nurul BadriyahDosen Pembimbing I : Mohammad Edy Nurtamam, S.Pd., M.Si.Dosen Pembimbing II :Rika Wulandari, S.Pd., M.Pd.Abstraksi
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kontekstual berbantuan media gelas bilangan terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran matematika kelas I SDN Murtajih I Pademawu. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Quasi Eksperimental jenis Nonequivalent Control Group Design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas I SDN Murtajih 1 Pademawu dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan insrtumen tes, lembar observasi, dan angket. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kontekstual berbantuan media gelas bilangan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran matematika kelas I SDN Murtajih 1 Pademawu. Berdasarkan hasil uji hipotesis nilai posttest hasil belajar siswa diperoleh t hitung = 2,334 > t = 2,011 maka Ho ditolak, artinya ada perbedaan hasil belajar antara kelas kontrol dan kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran kontekstual berbantuan media gelas bilangan mata pelajaran matematika. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran kontekstual berbantuan media gelas bilangan terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran matematika kelas I SDN Murtajih 1 Pademawu. Hasil angket motivasi belajar siswa kelas eksperimen memperoleh rata-rata keseluruhan 91,6 dengan kriteria sangat baik. Maka dapat dikatakan bahwa siswa termotivasi dengan menggunakan model pembelajaran kontesktual berbantuan media gelas bilangan. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kontekstual, Media Gelas Bilangan, Hasil Belajar
AbstractionThis research is a quantitative research. The purpose of this study is to determine the effect of contextual learning model of glass media numbers to the student learning outcomes of mathematics class I SDN Murtajih I Pademawu. This research used Quasi Experimental research design of Nonequivalent Control Group Design. The sample used in this research is all students of class I SDN Murtajih 1 Pademawu using saturated sampling technique. The data collection of this study used the insrtumen test, observation sheet, and questionnaire. The data obtained were analyzed using statistical test. The results showed that the contextual teaching-assisted model of glass media numbers influenced the students' learning outcomes of math on the first class SDN Murtajih 1 Pademawu. Based on result of hypothesis test of posttest value of student learning result obtained tcount = 2,334> ttable = 2.011 then Ho rejected, it means there is difference of learning result between control class and experiment class using contextual instructional model with the media of mathematics subject number. So it can be concluded that there is a significant influence of contextual learning model assisted glass media numbers against the results of students' learning subjects mathematics class I SDN Murtajih 1 Pademawu. The result of questionnaire of learning motivation of experimental class students obtained an overall average of 91.6 with very good criteria. So it can be said that students are motivated by using a model of contextual learning assisted glass media numbers. Key Word: contextual learning model, glass media numbers, learning outcomes