Detail Karya Ilmiah
-
Peran sekolah dalam menumbuhkan adaptasi sosial siswa yang mengalami gangguan pendengaran di SDN Lembung Galis PamekasanPenulis : Fitriana AsriDosen Pembimbing I : Priyono Tri Febriyanto, S.Sos., M.Si.Dosen Pembimbing II :Indah Setyo Wardhani, S.Pd., M.Pd.Abstraksi
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) peran sekolah dalam menumbuhkan adaptasi sosial siswa yang mengalami gangguan pendengaran, (2) kendala yang dialami dalam menumbuhkan adaptasi sosial siswa yang mengalami gangguan pendengaran, (3) bagaimana solusi dalam mengatasi kendala. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif untuk mendeskripsikan dan menggambarkan peran sekolah dalam menumbuhkan adaptasi sosial bagi siswa yang mengalami gangguan pendengaran. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas dan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) peran sekolah dalam menumbuhkan adaptasi sosial siswa yang mengalami gangguan pendengaran sudah memberikan motivasi, pengarahan dan pembelajaran khusus bagi anak. Guru dan pihak sekolah memberikan motivasi dan semangat bagi anak. Kemudian guru memberikan tugas khusus bagi anak yang mengalami gangguan yang kemampuannya memang berbeda dari anak normal pada umumnya. (2) kendala yang dialami yaitu pengakuan dari teman sebaya kurang, siswa hanya mendengarkan saja pengarahan dari guru tanpa ada timbal balik dari siswa, dan siswa kurang dalam berinteraksi dengan siswa lain. (3) solusi yang dapat diberikan oleh guru yaitu: a. menerapkan metode tutor sebaya bagi siswa yang mengalami gangguan pendengaran; b. Memberitahukan kepada anak yang normal untuk tidak meremehkan temannya yang mengalami gangguan pendengaran; c. Sekolah menerapkan penskoran bagi seluruh siswa. Kata Kunci:Peran Sekolah, Adaptasi Sosial, Gangguan Pendengaran
AbstractionThe aims of this study are to discover: (1) School role in developing social adaptation of students with hearing disability, (2) Obstacles experienced in developing social adaptation of students with hearing disability, (3) How the school resolve the Obstacles. This study use descriptive qualitative research method in order to elaborate the role of the school in developing social adaptation of students with hearing disability. The subjects in this study are the headmaster of the school, the teachers and students with hearing disability. The processes of collecting the data are done trough observation, interview, and documentation. The results of research suggest that: (1) The lack of the school’s role in developing social adaptation of students with hearing disability. The teachers and school provide motivation and enthusiasm for the student.Hereafter, teachers give special task for students with hearing disability who has different capability from the general students (2) Obstacles experienced by the lack of acknowledgement by other students, students are just listening to the lesson without giving any feedback to the teacher, and lack of interaction among the students. (3) A solution that can be given by: a. the teacher is by applying special method of the peer tutors; b. Tell normal student not to underestimate their friends with hearing disability; c. School apply scoring. Keywords: The role of the School, Social Adaptation, Hearing disability