Detail Karya Ilmiah

  • NILAI-NILAI MORAL PADA KESENIAN DAERAH WAYANG TOPENG DALANG SUMENEP DALAM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR
    Penulis : Adisti Isna NurimamI
    Dosen Pembimbing I : Mujtahidin
    Dosen Pembimbing II :Indah Setyo Wardhani
    Abstraksi

    ABSTRAK: Manfaat yang terpenting dari pendidikan moral adalah untuk menumbuhkan nilai-nilai moral yang baik pada diri anak, agar mampu memilih dan memilah mana yang positif dan mana yang negatif, oleh karenanya dibutuhkan pendidikan moral agar tidak terjadi krisis karakter. Krisis karakter salah satu penyebabnya adalah dengan masuknya budaya asing di era globalisasi saat ini, sehingga mereka kurang mengenal budaya lokal daerahnya sendiri. Agar anak-anak dapat mengenal budaya daerah sendiri, tentulah budaya-budaya yang sudah diciptakan nenek moyang kita haruslah dilestarikan. Salah satu contoh kesenian Madura yang dapat dijadikan media penanaman karakter yaitu wayang topeng dalang. Pendekatan penelitian yang diguanakan adalah kualitatif. Objek pada penelitian ini adalah topeng dalang „Rukun Pewaras? Sumenep. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa, guru, ketua organisasi sanggar „Rukun Pewaras? Sumenep. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah obsevasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil pelitian ini berupa nilai-nilai moral pada wayang topeng dalang Sumenep dan integrasinya dalam pembelajaran di Sekolah Dasar. Kata Kunci: Nilai-nilai Moral, Karakter, Wayang Topeng Dalang, Pembelajaran di Sekolah Dasar

    Abstraction

    ABSTRACT: The mostimportant benefit of moral education is to foster good moral values in children so that they can able to choose and sort out whichones are positive and which are negative. Therefore, moral education is need edtoavoid charactercrises. The charactercris is one of the reasons for the influx of oreign cultures in the current era of globalization. So, they are not familiar with the local culture of their own region. The children have to know the culture of their own region, surely the cultures that have been created by our an cestors must bepreserved. One example of Madura art that can beused as a medium for building charactersis Wayang Topeng Dalang. The research approachuse disqualitative. The object of this researchis the Wayang Topeng Dalang „Rukun Pewaras? Sumenep. The subjects in this study were students, teachers, head of the studio organization „Rukun Pewaras? Sumenep. The data collection techniques used were observation, interviews, and documentation. While the data analysis techniqueuses data reduction, data presentation, and conclusion drawing. The results of this study were in the form of moral values in the Wayang Topeng Dalang of Sumenep and their integration in learning in elementary schools. Keywords: Moral Values, Character, Wayang Topeng Dalang, Learning in Elementary School

Detail Jurnal