Detail Karya Ilmiah

  • Pengaruh Kreativitas Guru Dalam Menggunakan Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika
    Penulis : Dewi Oktaviani
    Dosen Pembimbing I : Mohammad Edy Nurtamam, S.Pd., M.Si.
    Dosen Pembimbing II :Rika Wulandari, S.Pd., M.Pd.
    Abstraksi

    Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kreativitas guru dalam menggunakan media pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Pendekatan penelitian adalah kuantitatif non eksperimen. Penelitian ini dilakukan di SDN Telagabiru 2 Tanjungbumi, Bangkalan. Sejumlah 93 siswa berasal dari kelas III, kelas IV, kelas V, dan kelas VI. Hasil hipotesis menggunakan Perhitungan uji regresi linier sederhana diperoleh persamaan Y = 2,405 + 0,810X, Hasil perhitungan uji signifikan diperoleh thitung = 49,502 > ttabel = 1,986, maka Ho ditolak dan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan kreativitas guru dalam menggunakan media pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa, dan nilai r2 sebesar 0,964 sehingga dapat disimpulkan bahwa besarnya pengaruh kreativitas guru dalam menggunakan media pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa sebesar 96,4%. Kata kunci : Kreativitas Guru, Media Pembelajaran, Motivasi Belajar Siswa.

    Abstraction

    This aim of this study to know the impact of teacher creativity using learning media through students learning motivation on mathematics subject. The approach of this study was quantitative. This study was conducted in Elementary School of Telagabiru 2 Tanjungbumi, Bangkalan. Stydent sample with 93 student his study was conducted in third, fourth, fifth and sixth grade. The result of hypothesis test The Computation of simple linear regression test obtained the equation of Y=2,405 + 0,810X, the result of the secod significant test obtained tcount=49,502 > ttable=1,986, then Ho is rejected and Ha is accepted. Henceforth, there is a significant impact of teacher creativity using learning media through students learning motivation. and value r2 in the amount of 0,964 it can be concluded that the magnitude of teacher creativity using learning media through students learning motivation was 96,4% the rest 3,6% influenced by other factors. Keywords: Teacher Creativity, Learning Media, Students Learning Motivation

Detail Jurnal