Detail Karya Ilmiah

  • ANALISIS KENDALA PENERAPAN KURIKULUM 2013 DI KELAS RENDAH SDN 2 TLOGOPATUT GRESIK
    Penulis : Siti Aisah Aziz
    Dosen Pembimbing I : Priyono Tri F., S.Sos., M.Si.
    Dosen Pembimbing II :Rika Wulandari, S.Pd., M.Si
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kendala-kendala yang dialami guru dan kepala sekolah dalam menerapkan kurikulum 2013 yang dilakukan di kelas rendah (kelas I dan II) SDN 2 Tlogopatut Gresik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas I-A, I-B, II-A dan II-B. Untuk pengumpulan data, penulis menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah terdapat lima kendala yang dialami oleh kepala sekolah dan guru dalam menerapkan kurikulum 2013 di SDN 2 Tlogopatut. Kendala tersebut antara lain dalam hal pengintegrasian pembelajaran tematik, penerapan pendekatan saintifik, pengaplikasian penilaian autentik, ketersediaan sarana dan prasarana sekolah serta ketersediaan sumber belajar. Penelitian ini menunjukkan perlu adanya perbaikan terhadap sistem penerapan kurikulum 2013 di sekolah dasar. Kata Kunci: Kendala Kurikulum, Pembelajaran, Kurikulum 2013.

    Abstraction

    This study has an objective to know the obstacles implementation of teachers and principals in applying curriculum 2013 conducted in low grade (1st and 2nd grade) SDN 2 Tlogopatut Gresik. This study uses qualitative approach. The subjects of this study are principal, teacher of class I-A, I-B, II-A and II-B. To collect the data, the writer use techniques of observation, interview, and documentation. The results of this study are five obstacles experienced by principals and teachers have found in applying the curriculum 2013 in SDN 2 Tlogopatut. These obstacles include the integration of thematic learning, the application of scientific approaches, the application of authentic assessment, the availability of school facilities and infrastructure, and also the availability of study resources. This study shows the need for the improvements to the system of curriculum 2013 implementation in primary school. Keywords: the obstacle of curriculum, learning, curriculum 2013.

Detail Jurnal