Detail Karya Ilmiah

  • IDENTIFIKASI NILAI-NILAI KARAKTER SISWA YANG TERBENTUK MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL JH?NG-KOLAJH?NG (Studi Kualitatif di SDN Slopeng 1 Sumenep)
    Penulis : MUHLISUN
    Dosen Pembimbing I : Mujtahidin, S.Pd., M.Pd
    Dosen Pembimbing II :Isna Ida Mardiyana, S.Pd., M.Pd
    Abstraksi

    ABSTRAK Hal yang paling ditekankan dalam dunia pendidikan yakni perubahan perilaku individu kearah yang lebih baik. Pembentukan generasi penerus bangsa yang berkarakter seharusnya dimulai dari jenjang pendidikan Sekolah Dasar. Jenjang pendidikan sekolah dasar dapat dikatakan sangat berpengaruh dalam memberikan kontribusi untuk mengarahkan perkembangan siswa agar menjadi generasi penerus bangsa yang berkarakter baik. Penanaman nilai karakter pada anak dapat dilakukan dengan memasuki dunia anak seperti halnya sebuah contoh jika nilai karakter dapat diambil dari beberapa permainan tradisional yang dilakukan oleh anak-anak salah satunya yakni permainan tradisional Jhâng-kolajhâng. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi nilai-nilai karakter yang terdapat dalam permainan Jhâng-kolajhâng. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Objek dalam penelitian ini adalah permainan tradisional Jhâng-kolajhâng. Subjek dalam penelitian ini adalah guru, siswa, orang tua siswa, dan sejarawan sumenep. Teknik pengambilan informan menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi sedangkan teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini berupa nilai karakter yang terbentuk melalui permainan tradisional Jhâng-kolajhâng, yakni jujur, disiplin, kerja keras, kreatif, bersahabat/komunikatif, dan bertanggung jawab. Kata Kunci: Nilai Karakter, Permainan Tradisional, Jhâng-kolajhâng

    Abstraction

    ABSTRACT The most emphasized thing in the world of education is the change in individual behavior towards a better one. The formation of character in the future generation should start from the level of elementary school education. The level of elementary school education can be said to be very influential in contributing to directing the development of students to become the nation’s next generation with good character. Planting character values in children can be done by entering the world of children, for example character values that can be taken from some traditional games performed by children, such as Jhâng-kolajhâng traditional game. This study has an objective to identify character values found in Jhâng-kolajhâng game. The research approach that used is qualitative. The object in this study is Jhâng-kolajhâng traditional game. The subjects in this study are teacher, students, parents of students, and historians of Sumenep. Technique of taking informant uses purposive sampling. Technique of collecting data used in this study uses interview, observation and documentation, while technique of analyzing data uses data reduction, data display, and drawing conclusion. The results of this study are in the form of character values formed through Jhâng-kolajhâng traditional game, those are honest, disciplined, hard work, creative, friendly/communicative, and responsible. Keywords: Character Values, Traditional Game, Jhâng-kolajhâng

Detail Jurnal