Detail Karya Ilmiah

  • DAMPAK PENERAPAN FULL DAY SCHOOL DALAM PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK DI SD MUHAMMADIYAH 1 BANGKALAN
    Penulis : DEBY NURIYATULLAILI
    Dosen Pembimbing I : Priyono Tri Febrianto, S.Sos., M.Si.
    Dosen Pembimbing II :Rika Wulandari, S.Pd., M.Pd.
    Abstraksi

    Penerapan full day school atau sekolah sehari penuh akan berdampak bagi siswa. Apalagi dalam hal sosialisasi dengan lingkungan sekitar. Karena waktu siswa banyak digunakan di sekolah, sehingga waktu untuk bersosialisasi dengan lingkungan keluarga dan lingkungan masyarakat (tetangga) menjadi berkurang. Dari pernytaan tersebut muncullah pertanyaan. Bagaimanakah dampak penerapan full day school dalam perkembangan sosial anak di SD Muhammadiyah 1 Bangkalan? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak penerapan full day school dalam perkembangan sosial anak di SD Muhammadiyah 1 Bangkalan. Penelitian ini menggunakan penelitian pendekatan deskriptif kualitatif, metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang terdiri dari tiga bagian yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan data. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya dampak positif dan dampak negatif dari penerapan full day school dalam perkembangan sosial anak di SD Muhammadiyah 1 Bangkalan. Dampak positif adalah siswa menjadi lebih religius, siswa menjadi lebih dekat dengan guru dan teman di lingkungan sekolah, dapat mengembangkan bakat yang dimiliki siswa. Dampak negatif adalah kurangnya waktu bersama dengan orang tua dan keluarga dan kurangnya waktu bermain dengan teman di lingkungan masyarakat (tetangga). Kata Kunci: Dampak full day scool, perkembangan sosial anak

    Abstraction

    Full day implementation will give an effect for students. Especially for social interastion because of their time are used for school maximaly. From that case there is a question. How the impact of the application full day school in social development of students in SD Muhammadiyah 1 Bangkalan? This research uses qualitative descriptive approach of interview method, observation and documentation. Analizing data in this reseash uses qualitative descriptive method which are three segments. They are data reduction, data presentation and data collecting. The results of this research shows the positive and negative development of students in SD Muhammadiyah 1 Bangkalan. The positive are students became more religious, closer with their teachers and friends in school day and can develop student’s skill. Where as the negative is decreas their social relationship’s time with their parents, families dan friends. Keywords: The impact of full day school, children’s social development

Detail Jurnal