Detail Karya Ilmiah
-
Hubungan Dukungan Sosial Guru Dengan Motivasi Belajar Menari Anak TunarunguPenulis : Lailatul MaghfirohDosen Pembimbing I : Nur Aziz Afandi, S.Psi, M.Si.Dosen Pembimbing II :Nur Fatwikiningsih, S.Psi., M.Psi, PsikologAbstraksi
Lailatul Maghfiroh.140541100116.Hubungan Dukungan Sosial Guru dengan Motivasi Belajar Menari Anak Tunarungu.Skripsi. Program Studi Psikologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya, Universitas Trunojoyo Madura. 2020. Xx + 89 + 34 Lampiran ABSTRAK Keterbatasan dalam pendengaran pada anak tunarungu bukan berarti menyebabkan mereka tidak memiliki kemampuan dalam diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara dukungan sosial guru dengan motivasi belajar menari anak tunarungu. Penelitian ini dilakukan pada 21 anak tunarungu yang belajar menari di SLB Krida Utama 2 Loceret. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji korelasi Rank Spearman dengan menggunakan bantuan SPSS Statistic 21.0 For Windows. Skala penelitian ini disusun berdasarkan aspek-aspek yang ada pada masing-masing variabel dukungan sosial dan motivasi belajar. Berdasarkan hasil analisis data penelitian diperoleh bahwa besarnya korelasi antara dukungan sosial dan motivasi belajar 0,736** dengan signifikansi 0,000 < 0,05 maka ada hubungan yang signifikan antara dukungan sosial dan motivasi belajar. Kata kunci : dukungan sosial, motivasi belajar, anak tunarungu. Daftar Pustaka: 49 (1994-2017)
AbstractionLailatul Maghfiroh.140541100116.The Relation of Teacher Social Support with Dancing-Motivation Learning to Deaf Children.Thesis. Psychology Study Program, Faculty of Social and Cultural Sciences, University of Trunojoyo Madura. 2020. Xx + 89 + 34 Appendixes ABSTRACT Hearing loss in deaf children that does not mean they have ability in themselves. This research aims to determine whether there is a relationship between teacher social support with dancing - motivation learning to deaf children. This research is conducted on 21 deaf children who learned to dance in Krida Utama Extraordinary School. This research uses quantitatif research methods. Analysis of the data used in this study is Rank Spearman correlation test using SPSS Statistics 21.0 For Windows. The scale of this study is arranged based on aspects that exist in each variable of social support and learning motivation. Based on the result of the analysis of research data, it is found that the magnitude of the correlation between social support and learning motivation 0.736** with a significance of 0,000 <0.05 then there is a significant relationship between social support and learning motivation. Keywords : social support, learning motivation, deaf children. Bibliography : 49 (1994-2017)