Detail Karya Ilmiah

  • Perbedaan Perilaku Prososial Ditinjau Dari Locus of Control Pada Siswa SMP Assa’adah Bungah Gresik.
    Penulis : Karisma Putri Utami
    Dosen Pembimbing I : Alifah Rahma Wati, S.Psi., M.Psi., Psikolog
    Dosen Pembimbing II :
    Abstraksi

    Karisma Putri Utami, 14.05.411.00112, Program Studi Psikologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya, Universitas Trunojoyo Madura. 2018. Perbedaan Perilaku Prososial Ditinjau Dari Locus of Control Pada Siswa SMP Assa’adah Bungah Gresik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perbedaan Perilaku Prososial Antara Siswa Yang Memiliki Locus of Control Internal Dengan Eksternal Pada Siswa SMP Assa’adah Bungah Gresik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan penelitian komparatif. Populasi penelitian ini yaitu 203 siswa, dan sampelnya sebanyak 117 siswa, teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Nonprobability yaitu teknik pengambilan sampel yang tidak memberi peluang atau kesempatan sama bagi setiap anggota populasi untuk dipilih menjadi sampel. dalam penelitian ini peneliti menggunakan sampel purposive yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Pengumpulan data menggunakan skala dengan modifikasi skala likert pada skala perilaku prososial serta skala Guttman pada skala locus of control guna mengungkapkan kecenderungan locus of control siswa. Uji coba instrument menggunakan uji validitas dengan hasil 66 butir skala yang dinyatakan valid, sedangkan uji reliabilitas diperoleh nilai koefisien alpha sebesar 0,965. Pengujian hipotesis dengan teknik (uji-t). Hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa siswa kelas VII dan VIII SMP Assa’adah yang memiliki kecenderungan locus of control internal sebesar 55 siswa (27,09%). Siswa yang memiliki kecenderungan locus of control eksternal sebesar 62 siswa (30,54%). Siswa yang memiliki kecenderungan keduanya, yaitu locus of control internal dan eksternal sebesar 86 siswa (42,37%). Terdapat pula perbedaan perilaku prososial antara siswa yang memiliki locus of control internal dan siswa yang memiliki locus of control eksternal. Hal tersebut berdasarkan hasil uji hipotesis dengan hasil perhitungan uji-t (independent sample test) siswa dengan locus of control internal dan siswa dengan locus of control eksternal, diperoleh nilai t sebesar 0,238 dengan sig. (2-tailed) sebesar 0,000 (P<0,05) Kata kunci: Perilaku Prososial, Locus of Control Internal, Locus of Control Eksternal

    Abstraction

    Karisma Putri Utami. 14.05.411.00112, Psychology Study Program, Faculty of Social and Cultural Sciences, University of Trunojoyo Madura. 2018. The difference in the behavior of Prososial in terms of Locus Of Control on JUNIOR HIGH SCHOOL Students Assa'adah Bungah Gresik. This research aims to know the difference Between Prososial Behavior of students who have an Internal Locus of Control with External in students of JUNIOR HIGH SCHOOL Assa'adah Bungah Gresik. This research uses a type of quantitative research with comparative research approach. This research population is 203 students, and sampelnya as much as 117 students, using the technique of sampling techniques Nonprobability sampling technique that is does not give equal opportunity or an opportunity for each Member of the population for selected into the sample. in this study researchers using a purposive sampling technique, namely the determination of the sample with a particular consideration. Data collection using likert scale modifications with the scale on the scale the scale and Guttman prososial behavior on the scale of the locus of control in order to reveal the trend of locus of control students. Test instrument use test validity with the results of 66 grain scale that was declared valid, whereas the test of reliability coefficient alpha values obtained amounted to 0.965. Hypothesis testing techniques (test-t). The results of this research were obtained conclusions that students of Class VII and VIII JUNIOR HIGH Assa'adah which has the tendency of internal locus of control of 55 pupils (27.09%). Students who have an external locus of control tendencies of 62 students (30.54%). Students who have a tendency of both, is the locus of the internal and external control of 86 students (42.37%). There is also a difference in behavior between students who prososial have an internal locus of control and students who have an external locus of control. It is based on the hypothesis test results with the results of the calculation of test-t (independent sample test) students with an internal locus of control and students with external locus of control, obtained a value of t of 0.238 with sig (2-tailed) of 0.000 (P < 0.05) Keywords: Prososial Behavior, Locus Of Control Internal, Locus Of Control Eksternal

Detail Jurnal