Detail Karya Ilmiah
-
PENGARUH PERSEPSI RISIKO TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MULTI LEVEL MARKETING PADA MAHASISWAPenulis : RENDY SATRIA PUTRADosen Pembimbing I : Dr. Netty Herawati, PsikologDosen Pembimbing II :Abstraksi
Persepsi akan suatu risiko terhadap bidang usaha Multi Level Marketing dapat menjadi faktor yang mempengaruhi minat berwirausaha pada seseorang sehingga dapat menimbulkan pilihan untuk meneruskan atau meninggalkan bidang usaha multi level marketing yang di lakukannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi risiko terhadap minat berwirausaha pada Mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 orang. Teknik penambilan sampel menggunakan teknik non-probabilty sampling dengan jenis purposive sampling. Instrument dalam penelitian kali ini berupa skala persepsi risiko dan skala minat berwirausaha berbentuk skala ordinal dari likert. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji regresi linier sederhana yang dilakukan dengan bantuan program SPSS 23.0 Statistic for Windows. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh Persepsi Risiko terhadap Minat berwirausaha pada mahasiswa. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil koefisien regresi (r) sebesar 0,354 dan f hitung sebesar 14.026 dengan nilai signifikansi probability 0,000 (0,000 < 0,05) yang artinya hipotesis di terima oleh karena itu ada pengaruh positif persepsi risiko terhadap minat berwirausaha. Besarnya kontribusi atau sumbangan efektif persepsi risiko terhadap minat berwirausaha sebesar 12.5% sedangkan sisanya dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diukur dalam penelitian ini.
AbstractionThe perception of a risk to the business field Multi Level Marketing can be a factor that influences the entrepreneurial interest in someone so that it can lead to the choice to continue or leave the multi level marketing business field that he does. This study aims to determine the effect of risk perception on entrepreneurial interest in students. This research uses a quantitative approach. The number of samples in this study were 100 people. Mechanical Pens uptake of the samples using the technique of non-probabilty sampling the types of purposive sampling. Instrument in research time this form of scale of risk perception and interest in entrepreneurship shaped scale ordinal scale of Likert. Analysis of the data in this study used a simple linear regression test performed with the help of the SPSS 23.0 Statistics for Windows program. The results of this study indicate that there is an effect of Risk Perception on Entrepreneurial Interest in students. Based on the analysis result of regression coefficient (r) of 0.354 and f count of 14 026 with the value of the significance probability of 0.000 (0.000 <0.05), which means that the hypothesis on receipt by because it is no influence of a positive perception of the risk to the interest in entrepreneurship. The amount of contributions or donations effectively perception of risk on the interest in entrepreneurship amounted to 12.5%, while the remainder is explained by other factor not measured in this study.