Detail Karya Ilmiah

  • Hubungan Antara Kecenderungan Kecanduan Game Online dengan Prokrastinasi Penyelesaian Skripsi Mahasiswa di Universitas Trunojoyo Madura
    Penulis : Ismi Yukhanid
    Dosen Pembimbing I : Nur Aziz Afandi, S.Psi.,M.Si
    Dosen Pembimbing II :Rezkiyah Rosyidah, S.Psi.,M.Psi.,Psikolog
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubunganantara kecenderungan kecanduan game online dengan prokrastinasi penyelesaian tugas akhir mahasiswa di Universitas Trunojoyo Madura. Pendekatan penelitian adalah pendekatan penelitian kuantitatif.Populasi dalam penelitian ini mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura angkatan 2011-2014. Subjek dalam penelitian ini 40 mahasiswa yang masih aktif, memprogram skripsi lebih dari satu semester dan kecanduan game online, dengan menggunakan teknik kombinasi antaraquota incidental sampling. Pengumpulan data menggunakan dua jenis skala, yaitu skla kecanduan game online dan skla prokrastinasi. Metode analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan SpearmanCorrelations dengan bantuan program SPSS Statistics 23.0 For Windows.Hasil penelitian menunjukkan bahwa, uji hubungan antara kecanduan game online dengan prokrastinasi pada mahasiswa menggunakan teknik korelasi Spearman Correlationsmemperoleh koefisien korelasi r = 0,525 dengan sig. p = 0,001 (p < 0,05) yang artinya hipotesis penelitian diterima atau adanya hubungan antara kecenderungan kecanduan game online dengan prokrastinasi penyelesaian skripsi pada mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura.

    Abstraction

    This study aims to determine therelationship between online game addiction with procrastination completion of student final assignments in university of Trunojoyo Madura. The research approach used is quantitative research approach.The population in this study arestudent of the University of Trunojoyo Madura class of 2011-2014. The subjects used in this study are40 students who are still active, program theses for more than one semester and are online game addicted, using the technique of incidental quota sampling. Data collection used two types of scale, game addiction scale and procrastination scale. . Methods of data analysis performed in this study using Spearman Correlations with the help of SPSS Statistics 23.0 For Windows program.The results of the study show thattest the relationship between online game addictionwith procrastination on studentsusing Spearman Correlations correlation technique obtained correlation coefficient r = 0,525 with sig. p = 0,001 (p < 0,05) which means research hypothesis accepted or existence of relationship between game online addiction with procrastination completion of student final assignments in university of Trunojoyo Madura.

Detail Jurnal