Detail Karya Ilmiah

  • Perbedaan Regulasi Emosi Pada Siswa Sekolah Dasar Negeri (SDN) Dan Siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT)
    Penulis : Evi Fatmala
    Dosen Pembimbing I : Nur Aziz Afandi, S.Psi., M.Si.
    Dosen Pembimbing II :Nur Istiqomah, S.Psi., M.A.
    Abstraksi

    Abstrak. Evi Fatmala 140541100101. Penelitian ini bertujuan untuk menguji perbedaan regulasi emosi pada siswa Sekolah Dasar Negeri (SDN) dan siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) (SDN K dan SDIT G Surabaya). Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah ada perbedaan regulasi emosi pada siswa Sekolah Dasar Negeri (SDN) dan siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT). Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah 60 siswa, 30 pada masing-masing kelompok penelitian, dengan teknik sampling kuota. Pengumpulan data menggunakan skala, yaitu skala regulasi emosi. Metode analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan Independent Sample T Test dengan bantuan program SPSS. Hasil penelitian uji perbedaan antara siswa Sekolah Dasarn Negeri (SDN) dan siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) menggunakan Independent Sample T Test menunjukkan bahwa nilai signifikansi sebesar 0,234 (p > 0,05), artinya hipotesis ditolak, atau dinyatakan bahwa tidak terdapat perbedaan regulasi emosi pada siswa SDN dan SDIT. Kata Kunci : Regulasi Emosi, Sekolah Dasar Negeri, Sekolah Dasar Islam Terpadu

    Abstraction

    Abstract. Evi Fatmala 140541100101. This study examines the disparity of emotional regulation towards the state student and Islamic one. The hypothesis submitted in this study is the difference of emotional regulation towards the students from state elementary school, integrated Islamic elementary school; SDN K and SDIT G Surabaya. The subject here is 60 students, 30 children on every school with sampling quota technique. Emotional regulation with scale applies as the data aggregation while Independent Sample T Test seizes on method analysis combines with SPSS program. The result of study applies between the state student and Islamic one; SDN K and SDIT G Surabaya shows the significance test as this grade 0,234 (p > 0,05). It means the beginning hypothesis rejected and there is no the disparity of emotional regulation towards the state student and Islamic one. Keywords: Emotional Regulation, State Elementary School (SDN), Integrated Islamic and Elementary School (SDIT).

Detail Jurnal