Detail Karya Ilmiah

  • Komunikasi Interpersonal Mobile Legends Gamers Pada Mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura
    Penulis : Redi Amin Ulyawan
    Dosen Pembimbing I : dr. Siti Nurfitria, S.Ked., M.Biomed.
    Dosen Pembimbing II :Yuriadi, S.Psi., M.A.
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana komunikasi interpersonal mobile legends gamers pada mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah meteode penelitian kualitatif dengan studi kasus. Pada peneltian ini menggunakan dua subjek yang ditentukan melalui teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik wawancara semi terstruktur. Analisis data menggunakan teknik Miles dan Huberman, yaitu Reduksi data, Penyajian data, dan Verifikasi data. Teknik keabsahan data menggunakan Triangulasi Sumber. Penelitian tentang komunikasi interpersonal diungkap melalui beberapa aspek yaitu, keterbukaan, empati, dukungan, rasa positif, dan kesetaraan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa yang sering bermain mobile legends lebih cenderung menghabiskan waktunya untuk bermain daripada berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya. Mereka kurang terbuka terhadap perubahan yang ada di sekelilingnya tersebut. Rasa empati mereka lebih ditunjukkan kepada orang-orang yang sangat dekat dengan dirinya. Mahasiswa yang terlalu sering game mobile legends mendapatkan dukungan dari teman-temannya untuk tetap fokus dalam menjalani tugas kuliahnya. Mereka tetap santai meskipun ada stigma negatif yang menyebutnya lebih sering bermain game daripada belajar. Mereka juga cenderung bergaul dengan teman-teman yang memiliki kesamaan yaitu bermain game mobile legends. Kata Kunci : Komunikasi Interpersonal, Mahasiswa, Mobile Legends

    Abstraction

    This study aims to determine how the interpersonal communication mobile legends gamers on Trunojoyo Madura University student. The method used in this study is a qualitative research meteode case study. In the present study using two subjects were determined through purposive sampling technique. Data collection techniques in this study using semi-structured interview technique. Data analysis using techniques Miles and Huberman, namely data reduction, data presentation, and verification of data. Technique authenticity of data using triangulation Source. Research on interpersonal communication expressed through several aspects, openness, empathy, support, positive sense, and equality. The results of this study indicate that students who frequently play mobile legends are more likely to spend time playing rather than interacting with the surrounding environment. They are less open to change those around him. Empathy they are shown to people who are very close to him. Students who are frequently mobile gaming legends get support from his friends to stay focused in conducting studies. They remain relaxed even though there is a negative stigma that call more often play games rather than studying. They also tend to hang out with friends who have in common that mobile gaming legends. Keywords: Interpersonal Communications, Student, Mobile Legends.

Detail Jurnal