Detail Karya Ilmiah
-
PENGARUH KONFORMITAS TEMAN SEBAYA TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWI BIDIK MISI UNIVERSITAS TRUNOJOYO MADURAPenulis : RISKI DWI CAHYANTIDosen Pembimbing I : Dr. Netty Herawati, PsikologDosen Pembimbing II :Abstraksi
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konformitas teman sebaya terhadap perilau konsumtif mahasiswi bidik misi Universitas Trunojoyo Madura. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan 2 (dua) skala yaitu skala konformitas teman sebaya dan skala perilaku konsumtif. Penelitian ini menggunakan 40 sampel mahasiswa bidik misi. Teknik pengambilan sampel menggunakan quota incidental sampling. Uji statistik menggunakan regresi linear sederhana dengan bantuan SPSS for window versi 23.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara konformitas teman sebaya terhadap perilaku konsumtif mahasiswi bidik misi dengan nilai koefisien pengaruh sebesar 0.784 (0.000 < 0.05) Hasil ini dapat menunjukkan bahwa semakin tinggi konformitas teman sebaya, maka semakin tinggi pula perilaku konsumtif mahasiswi bidik misi tersebut, kontribusi konformitas teman sebaya terhadap perilaku konsumtif mahasiswi bidik misi sebesar 78.4%, sedangkan sisanya 21.6% dipengaruhi oleh faktor lain.
AbstractionThis study aims to determine the effect of peer conformity to consumptive behavior on students of Bidik Misi in Trunojoyo University, Madura. This research method is using quantitative method with 2 (two) scale which are peer conformity scale and consumptive behavior. This study uses 40 students The technique of sampling is using combination techniques which are quota sampling and incidental sampling. The statistical test uses a simple linear regression test with uses SPSS for window version 23.0. The results of this study indicate that there are a significant influence between peer conformity to consumer consumptive behavior of Bidikmisi the value of R square 78.4% with (0.000 <0.05). Therefore, the meaning of the contribution or effective contribution of peer conformity to the student's bidikmisi consumptive attitudes of 78.4%, while the remaining 21.6% influenced by other factors.