Detail Karya Ilmiah
-
PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK MAHASISWA PSIKOLOGI UNIVERSITAS TRUNOJOYO MADURAPenulis : Eko Kiky KristiyantoDosen Pembimbing I : Lailatul Muarofah Hanim, S.Psi., M.Psi., PsikologDosen Pembimbing II :-Abstraksi
Batas waktu studi merupakan waktu maksimal seorang mahasiswa untuk menyelesaikan studi yang diakhiri dengan pengerjaan skripsi atau tugas akhir. Program Studi Psikologi merupakan program studi dengan mahasiswa yang belum lulus terbanyak di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu BudayaUniversitas Trunojoyo Madura, yaitu sebanyak 184 mahasiswa yang terdiri dari angkatan 2011-2015. Penundaan mahasiswa dalam menyelesaikan skripsi yang dikenal dengan prokrastinasi akademik dapat dipengaruhi oleh salah satu faktor yaitu eksternal berupa dukungan sosial. Oleh karena itu tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui pengaruh dukungan sosial terhadap prokrastinasi akademik mahasiswa Psikologi Universitas Trunojoyo Madura. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantiatif deskritif yang dianalisis menggunakan uji regresi linear sederhana pada program SPSS 23.0 for windows. Hasil penelitian menyatakan bahwa terdapat pengaruh negatif yang signifikan antara dukungan sosial dan prokrastinasi akademik, yaitu sebesar -0,511. Setiap penambahan 1% dukungan sosial maka prokrastinasi akan menurun sebesar -0,511. Sedangkan besar pengaruh dukungan sosial terhadap prokrastinasi akademik pada mahasiswa Psikologi Universitas Trunojoyo Madura adalah 63,9%. Berdasarkan pengkategorian tingkat pengaruh, nilai 63,9% ini termasuk dalam kategori pengaruh kuat. Maka dapat disimpulkan bahwa dukungan sosial memiliki pengaruh yang kuat terhadap prokrastinasi akademik pada mahasiswa Psikologi Universitas Trunojoyo Madura.
AbstractionThe deadline for study is the maximum time a college student has to complete a study that ends with a thesis or final project. The Psychology Study Program is the study program with the most college students who have not graduated at the Faculty of Social and Cultural Sciences Trunojoyo Madura University, as many as 184 college students that consisted of 2011-2015 class. The delay of college students in completing a thesis known as academic procrastination that can be influenced by one factor namely external form of social support. Therefore the purpose of this study was to determine the effect of social support for academic procrastination of Psychology college students at Trunojoyo Madura University. The research method used is descriptive quantitative that analyzed using a simple linear regression test on the SPSS 23.0 for windows program. The results showed that there was a significant negative effect between social support and academic procrastination, which amounted to -0,511. Every additional 1% of social support, the academic procrastination will decrease by -0,511. While the influence of social support for academic procrastination on Psychology college students at the University of Trunojoyo Madura was 63.9%. Based on the categorization of the level of influence, the value of 63.9% is included in the category of strong influence. So it can be concluded that social support has a strong influence for academic procrastination in Psychology college students at Trunojoyo Madura University.