Detail Karya Ilmiah

  • PERBEDAAN HUBUNGAN INTERPERSONAL ANTARA SISWA PENGHAFAL AL-QUR'AN DAN SISWA YANG BUKAN PENGHAFAL AL-QUR'AN
    Penulis : GALANG TRANG PANJI MAULANA
    Dosen Pembimbing I : Dr. SETYANINGSIH, S.Psi., M.Si
    Dosen Pembimbing II :
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hubungan interpersonal antara siswa penghafal Al-Qur’an dan Siswa yang bukan Penghafal Al-Qur’an. Menggunakan metode penelitian kuantitatif komparatif dengan jumlah subjek 280 yang ter bagi dari 140 siswa penghafal Al-Qur’an dan 140 siswa yang bukan penghafal Al-Qur’an dengan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan skala hubungan interpersonal berbentuk ordinal dari likert. Teknis analisis data menggunakan uji independent sample t-test dengan bantuan program SPSS 23.00 for windows. Hasil dalam penelitian ini diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 karena nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 maka hipotesis diterima yang artinya ada perbedaan hubungan interpersonal antara siswa penghafal Al-Qur’an dan siswa yang bukan penghafal Al-Qur’an. Siswa penghafal Al-Qur’an memiliki rata-rata sebesar 124,82 lebih tinggi dari nilai rata-rata siswa yang bukan penghafal Al-Qur’an 117,32. Kata Kunci : Hubungan Interpersonal, Siswa Penghafal Al-Qur’an, Siswa yang bukan Penghafal Al-Qur’an Daftar Pustaka : 28 (2005-2017)

    Abstraction

    The purpose of this study was to determine the differences of interpersonal relationship between students memorizing Al-Qur’an and students who are not memorizers of Al Qur’an. Using comparative quantitative research method with 280 subject that divide into 140 students memorizing Al Qur’an and 140 students not memorizing Al-Qur’an with purposive sampling technique. The method of data collection using independent sample t-test with SPSS 23.00 for windows program. The results of this study obtained a significance value (2-tailed) of 0,000 because the significance value is smaller than 0,05. So the hypothesis was accepted, that means there were differences in interpersonal relationship between students memorizing Al-Qur’an and students who not memorizing Al-Qur’an. Students memorizing Al-Qur’an had an average of 124,82, that means this value is higher than the average value of students who are not memorizing Al-Qur’an. Keywords : Interpersonal relation, students memorizing the Qur'an Students who are not memorizers of the Qur'an Bibliography : 28 (2005-2017)

Detail Jurnal