Detail Karya Ilmiah

  • LEARNED HELPLESSNESS PADA REMAJA KORBAN BULLYING
    Penulis : Uswatun Hasanah
    Dosen Pembimbing I : Dr. Netty Herawati. Psikolog
    Dosen Pembimbing II :
    Abstraksi

    ABSTRAK Uswatun Hasanah. 140541100004. Learned Helplessness Pada Remaja Korban Bullying. Skripsi. Program Studi Psikologi, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Budaya, Universitas Trunojoyo Madura, 2018. xix + 182 Halaman + 20 Lampiran. Pembimbing Dr. Netty Herawati, Psikolog. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui gambaran learned helplessness pada remaja korban bullying. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif fenomenologis dengan menggunakan tiga orang sebagai subjek penelitian yang ditentukan dengan teknik snowbal sampling. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara semi terstruktur dengan teknik analisis data Miles and Huberman dan triangulasi sumber sebagai uji keabsahan data. Diperoleh hasil bahwa remaja korban bullying menunjukkan perilaku learned helplessness yang dapat dilihat dari tiga komponen, yaitu adanya penurunan motivasi, penurunan kognitif dan penurunan emosional. Pertama penurunan motivasi dari ketika subjek ditunjukkan dengan menurunnya keinginan terhadap suatu tindakan yakni malas untuk bergaul dengan teman sebayanya, sering melamun dan menyendiri di kelas, menurunnya semangat belajar, sering menunda-nunda untuk mandi, makan dan belajar. Kedua, penurunan kognitif ditandai dengan adanya pemikiran negatif akan kehidupannya, dimana ketiga subjek merasa masa depannya suram dan berharap hal buruk terjadi pada orang lain. Ketiga subjek sulit mengembangkan kognitifnya guna memecahkan masalah dan mencari jalan keluarnya. Yang ketiga yakni penurunan emosional dari remaja korban bullying ditunjukkan dengan menurunnya empati pada lingkungan sekitar, adanya rasa sedih dan ketakutan yang tinggi, merasa dikucilkan, merasa hidupnya berantakan dan tidak tenang. Serta mengalami trauma akibat bullying berulang tersebut. Kata Kunci : Learned Helpelssness, Remaja, Bullying. Daftar Pustaka : 20 (2003-2017)

    Abstraction

    ABSTRACT Uswatun Hasanah. 140541100004. Learned Helplessness To Adolescent Victims Bullying. Thesis. Psycology Study Program. Faculty Of Sosial And Cultural Sciences. University Of Trunojoyo Madura, 2018. xix+182 Pages And 20 Annex. The purpose of this research is to know the description of learned helplessness in adolescent victims bullying. This research is a qualitative phenomenological research using three people as research subject determined by snowbal sampling technique. Method of data collection using semi-structured interviews with Miles and Huberman data analysis technique and triangulation of sources as a test of data validity. The result show that the bullying teens exhibit learned helplessness behaviors that can be seen from three components, namely desreased motivasion, cognitive decline and emotional decline. The first decrease in motivation from when the subject is indicated by a decrease in desire for an action that is lazy to get along with peers, often day dreaming and aloof in the classroom. Decreasing the spirit of learning, often procrastinating to bathe, eat and learn. Secondaly, cognitive decline is characterized by negative thinking about life, where the three subjects find their future bleak and expect bad things to happen to others. The three subjects have difficulty development their cognitive to solve the problem and find a solution. The thrid is the emotional decline of the bullying teenager shown by the decrease of empathy in the environment, the feeling of sadness and high fear, feeling ostracized, feeling his life is messy and uneasy. And than traumatized by repeated bullying. Keyword : Learned Helplessness, Adolescent, Bullying. References : 20 (2003-2017)

Detail Jurnal