Detail Karya Ilmiah

  • PENGALAMAN MEMBRANDING DIRI DARI BAJENG MENJADI KLEBUN (Studi Fenomenologi Tentang Pengalaman Membranding Klebun Desa Legung Barat Kec. Batang-batang Kab. Sumenep Madura)
    Penulis : Siti Mufaridho
    Dosen Pembimbing I : Surokim, S.Sos., M.Si
    Dosen Pembimbing II :Teguh Hidayatul R, S. I. Kom., M. Si., MA
    Abstraksi

    Usaha-usaha membranding diri tiap bakal calon Kepala Desa (Klebun) untuk memenangkan kepercayaan masyarakat melibatkan elemen-elemen personal branding dan proses kultural khas Madura. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengalaman dalam usahanya membranding diri dari bajeng menjadi klebun di Desa Legung Barat Kecamatan Batang-batang Kabupaten Sumenep Madura. Tujuan lain dari membranding diri adalah membangun harapan pada masyarakat terhadap diri seseorang atas cerminan dari kemampuan, keunggulan seseorang dalam bidang tertentu. Metodepenelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan studi fenomenologi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengalaman dalam 2 kategorisasi waktu yang berbeda yaitu Pemilihan Kepala Desa tahun 2007 dan tahun 2013 dilakukan melalui 3 tahapan personal branding : (1) Membangun brand identity dengan mnggunakan kompetensi atau kemampuan individu dalam menyelesaikan konflik masyarakat melalui jalan kekerasan, style dalam mengcover diri menjadi sosok agamis melalui jalan religi, dan Standarisasi (2) Mengembangkan brand possitioning menggunakan spesialisasi, membuat visi dan misi, dan perbedaan sebagai ciri khas individu (3) Mengevaluasi citra merek dengan memenuhi janji kepemimpinan, pemilihan gaya berpakaian, dan perbaikan hubungan antar individu sebagai sarana penyampaian pesan branding diri kepada masyarakat. Kata Kunci : Personal Branding, Bajeng, klebun

    Abstraction

    The effort to get a vote from every candidate (called Klebun) to win make sure the society and involve the Personal Branding and cultural process from Madura. This research aims to know the experiences in his effort to make a personal mark from Bajeng become Klebun in Legung Barat, Batang Batang, Sumenep region. The another purpose from self branding is to build the expectation of the society to the someone for the self-image and, ability someone in another context. The identic illustration such as the violence and power into it reasonable in political democracy in Madura. This methodology using qualitative research in case of Phenomenology The result of this research to show the experience in 2 classifying in the different time, there are Election of the Village in 2007, 2013and done through the 3 stages of personal branding:(1) create brand identity with the competence or ability of individuals in solving community conflicts through violence, style to cover him self became a religious and the standardization. (2) develop the brand positioning use spesiliaciation, create vision, mission and differentiation as hall of mark of. (3) evaluating self-image with fulfilling the promise of leadership, the selection of style of dress, and the improvement of relations between individuals as a means of delivering the message of branding yourself to the community. Keywords: Personal Branding, Bajeng, klebun

Detail Jurnal