Detail Karya Ilmiah
-
Pengalaman Komunikasi Tandha’’ Di Kabupaten Sumenep (Studi Fenomenologi Pengalaman Komunikasi Tandha’’ Di Kabupaten Sumenep)Penulis : Rani ZubaidaDosen Pembimbing I : Dr. Bani Eka Dartiningsih, S.Sos., M.SiDosen Pembimbing II :Abstraksi
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap motif perempuan Madura menjadi tandha’’ di Kabupaten Sumenep serta menjelaskan pengalaman komunikasi tandha’’ dalam kehidupan social. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Hasil dari penelitian Pengalaman Komunikasi Tandha’’ di Kabupaten Sumenep yaitu ritual seorang tandha’’ sebelum mereka pentas dilakukan sesuai dengan perguruan masing-masing yang bertujuan untuk menjaga keselamatan tandha’’ selama pentas. Motif perempuan Madura menjadi tandha’ beragam, yaitu motif turun temurun, pendidikan rendah dan sakit hati, namun semuanya merujuk pada kondisi ekonomi agar lebih baik. Pengalaman komunikasi tandha’ di lingkungan keluarga terbagi menjadi tiga bagian, yaitu dengan orang tua, suami dan anak. Orang tua atau orang terdahulu tandha’’ sebagian besar cenderung mendukung, kemudian dari suami dan anak juga mendukung. Pengalaman komunikasi tandha’’ dengan lingkungan sekitar ada tiga, yaitu tetangga, antargrup, dan lawan tari. Kata Kunci: Fenomenologi, Tandha’’, Motif, Pengalaman Komunikasi.
AbstractionThis study aims to reveal the motives of Madurese women to be tandha in Sumenep regency and explain the experience of tandha communication in social life. This research uses qualitative research method with phenomenology approach. The result of the research of Tandha 's Communication Experience in Sumenep is a tandha ritual before they are performed in accordance with their respective colleges aimed at maintaining the safety of tandha during the performance. Madura women's motives become tandhas' diverse, ie hereditary, low education and heartbreak, but they all refer to the economic conditions for the better. The experience of tandha communication in the family environment is divided into three parts, namely with parents, husband and children. Parents or former people tandha mostly tend to support, then from husband and child also support. Experience tandha communication with the surrounding environment there are three, namely neighbors, antargroups, and dance opponents. Keywords: Phenomenology, Tandha '', Motive, Communication Experience.