Detail Karya Ilmiah

  • PERILAKU KOMUNIKASI PRIA ALAY DI INSTAGRAM
    Penulis : Furqon Prima Baikuni
    Dosen Pembimbing I : Dessy Trisilowaty, S.Sos., M.Si
    Dosen Pembimbing II :
    Abstraksi

    Perilaku komunikasi pada dasarnya berorientasi pada tujuan dalam arti perilaku seseorang pada umumnya dimotivasi dengan keinginan untuk memperoleh tujuan tertentu. Perilaku komunikasi pada pria alay pada dasarnya mereka dalam fase perkembangan kejiwaan yang sedang labil, mencari jati diri, ingin keluar dari lingkungan keluarga dan lebih ingin dianggap sebagai teman-teman sebayanya, sehingga mereka mencoba hal-hal baru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku komunikasi pria alay di media social dibandingkan dengan kehidupan dilingkungan sekitar. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, yaitu menganalisa data primer yang sudah ada dengan cara wawancara, observasi, dan studi pustaka. Data sekunder melalui informasi yang diperoleh secara tidak langsung. Berdasarkan hasil penelitian, perilaku komunikasi informan tersebut ketika membuat video Instagram adalah melakukan tingkah laku yang alay dengan sikap, atribut dan perilaku yang dianggap tidak sesuai selayaknya seorang pria. Informan tersebut sengaja membuat video alay di Instagram hanya untuk mengikuti perubahan era modern dengan mengikuti orang-orang di media social dengan menunjukkan sikap alaynya, hal tersebut sangat berbanding terbalik dengan kehidupannya dilingkungan sekitar. Kata Kunci : Perilaku Komunikasi, media sosial, new media, Instagram ?

    Abstraction

    Behavioral communication basically is oriented to purpose which means someone’s behavior generally is motivated by his desire in order to achieve a certain goal. The behavioral communication happened to ‘alay’ man principally caused by their mental development which is still unstable, looking for their identity, the need to escape from family’s environment and peer recognition, thus the man tries to do some new things. This research aims to analyze the behavioral communication alay man in social media compare to his environment. The method of this research is using qualitative descriptive, where the researcher analyzed the available primary data by employing interview, observation, and library study. The secondary data was indirect information. According to this research, the informant’s behavioral communication in taking alay video in Instagram was doing alay behavior and using attribute which inappropriate with normal man behavior. The informant was intentionally taking that kind of video on purpose to follow the modern era changing by complying people in social media who had similar behavior, where it was contrast with the around normal environment . Keywords: Behavioral Communication, Social Media, New Media, Instagram

Detail Jurnal