Detail Karya Ilmiah

  • HAMBATAN KOMUNIKASI DALAM PROSES PELAKSANAAN PERATURAN REGISTRASI PELANGGAN JASA TELEKOMUNIKASI DI SURABAYA
    Penulis : Devia Eka Wardani
    Dosen Pembimbing I : R. Bambang Moertijoso, S.Sos., M.Si
    Dosen Pembimbing II :
    Abstraksi

    Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, yang bertujuan untuk mengetahui apa saja hambatan komunikasi yang terjadi dalam proses pelaksanaan peraturan registrasi pelanggan jasa telekomunikasi yang ada di wilayah Surabaya sehingga menyebabkan pengguna tidak meregistrasikan nomor ponselnya sesuai tenggat waktu yang telah ditentukan. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 12 informan yang meliputi Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur, Telkomsel, pengguna telkomsel, dan konter. Penelitian ini mengacu pada beberapa hambatan komunikasi menurut Hafied Cangara. Untuk pengumpulan data menggunakan observasi non partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa didalam proses pelaksanaan peraturan registrasi pelanggan jasa telekomunikasi terdapat hambatan komunikasi yang terjadi pada elemen komunikasi yang meliputi intensitas pengiriman pesan, perbedaan wewenang, keterlambatan penyediaan fasilitas, perbedaan persepsi, prasangka, dan hambatan budaya berupa perubahan terhadap kebiasaan. Kata Kunci : Hambatan Komunikasi, Proses Pelaksanaan Registrasi Pelanggan Jasa Telekomunikasi

    Abstraction

    This research is a qualitative descriptive study, which aims to find out what communication barriers that occur in the process of implementing the registration rules of telecommunications service customers in the Surabaya area so that the user does not register his cellphone number according to the specified deadline. Subjects in this study amounted to 12 informants which included the Office of Communication and Information of East Java Province, Telkomsel, Telkomsel users, and counter. This study refers to several communication barriers according to Hafied Cangara. For data collection using non-participant observation, in-depth interviews, and documentation. The results of this study indicate that in the process of implementing telecommunications service customer registration rules there are communication barriers that occur in the communication element which includes the intensity of sending messages, differences in authority, delays in the provision of facilities, differences in perceptions, prejudices, and cultural barriers in the form of changes to habits Keywords : Communication Barriers, Telecommunication Services Customer Registration Implementation Process

Detail Jurnal