Detail Karya Ilmiah

  • SPASIALISASI JAWA POS GROUP DI JAWA TIMUR
    Penulis : dwi aprilia wahyuningsih
    Dosen Pembimbing I : Surokhim,S.Sos Msi
    Dosen Pembimbing II :Teguh Hidayatul R, S.I.kom.,M.Si.,MA
    Abstraksi

    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui spasialisasi pada perusahaan media Jawa Pos Group di Jawa Timur. Kajian utama dari spasialisasi ini terdapat dua yaitu mengungkapkan bentuk pengembangan Jawa Pos Group di Jawa Timur dan menjelaskan pola bisnis yang terbentuk dari Jawa Pos Group dan anak perusahaan di Jawa Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumen. Analisis data menggunakan teknik Miles dan Huberman. Teknik pemerikasaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, teknik dan waktu. Hasil penelitian mengungkapkan adanya spasialisasi Jawa Pos Group di Jawa Timur khususnya interaksi dan pola pengembangan bisnis secara horisontal dan vertikal. Spasialisasi Jawa Pos memiliki keistimewaan dalam megembangkan institusi bisnisnya dan keistimewaan dalam mengelola manajamen dengan anak perusahaan. Adanya interaksi antar perusahaan media maupun non-media yang terjalin antar anak perusahaan di bawah payung perusahaan Jawa Pos Group.

    Abstraction

    The purpose of this research is to reveal the spatialization of Jawa Pos Group media company in East Java. This study focuses on both revealing the form of development of Jawa Pos Group in East Java and explaining business pattern which is formed from Jawa Pos Group and the subsidiary in East Java. This study uses qualitative, in particular using case study approach. Method of data collection uses interviewing, observation, and documenting. Moreover, method of data analysis uses interactive data analysis of Miles and Huberman. Validation method uses triangulation. This study finds the existence of spatialization of Jawa Pos Group in East Java, particularly the interaction and pattern of business development. Jawa Pos Group expands horizontally and vertically. Spatialization of Jawa Pos group has a privilege of developing its business institution and managing with its subsidiaries. The interaction between media companies and non-media are created among subsidiaries of Java Pos Group company.

Detail Jurnal