Detail Karya Ilmiah

  • STRATEGI PROMOSI DISPARBUDPORA SUMENEP DALAM MEWUJUDKAN VISIT SUMENEP 2018
    Penulis : Moh Fajar
    Dosen Pembimbing I : Imam Sofyan, S.Sos.,M.Si
    Dosen Pembimbing II :
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk memahami Strategi Promosi Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Dispasrbudpora) Kabaupaten Sumenep dalam mewujudkan Program Visit Sumenep 2018, serta mengetahui bauran promosi seperti apakah yang digunakan dalamStrategiPromosi Disparbudpora kabupaten Sumenep dalam mewujudkan Program Visit Sumenep 2018,. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deksriptif. Dalam penelitaian ini penulis menggunakan 3 orang informan sebagai sumber memperoleh data yangterdiri dari 1 informan kunci dan 2 informan pendukung yang ditentukan dengan menggunakan teknik purposive Hasil yang di dapat dari penelitian ini adalah bahwa Disparbudpora Kabupaten Sumenep melakukan beberapa hal untuk mempromosikan potensi wisata yang ada di Sumenep kepada wisatawan lokal ataupun wisatawan Mancanegara, salah satunya yaitu membuat gelaran Event yang dinamakan Visit Sumenep 2018. dalam mewujudkan visit Sumenep 2018, tahapan itu melalui promosi langsung yang terdiri daripenjualan perseorangan (bekerjasama dengan beberapa pihak promosi seperti biro travel, dll), Selles Promotion ( bekerja sama dengan biro perjalan dan juga duta wisata Sumenep), dan promosi tidak langsung yang terdiri dari periklanan (seperti peta wisata, brosur, pamflet, booklet website, blog, maupun media sosial lainnya), dan juga hubungan masyarakat ( melakukan kerja sama dengan pihak media untuk memberitakan kegiatan visit Sumenep 2018 ) promosi dari Mulut ke Mulut. Penelitian ini menggunakan analisi SWOT untuk menegetahui kekuatan, kelamahan, peluang, ancaman dari bauran promosi yang dilakukan oleh Disparbudpora Kabupaten Sumenep Kata Kunci :Strategi Promosi,Bauran Promosi, Visit Sumenep 2018

    Abstraction

    This study aims to understand the Promotion Strategy of Culture Tourism Culture Youth and Sports (Disbudpora)Sumenep Regency in realizing Program Visit Sumenep 2018, and know the promotion mix such as what is used in Disparbudpora Promotion Strategy Sumenep Regency in realizing Program Visit Sumenep 2018 . The study used qualitative descriptive method. In this study, the writer used 3 informants as a source of data obtained consisting of 1 key informant and 2 supporting informants determined by using purposive techniques The result of this study is that Disparbudpora of Sumenep Regency dosome thing to promote tourism potency in Sumenep to local or foreign tourists one of them is to create event called Visit Sumenep 2018. In realizing visit Sumenep 2018, that stage through direct promotion consisting of individual sales (in cooperation with some promotional parties such as travel agencies, etc.), Salles Promotion (in cooperation with travel agents and also Sumenep tourism ambassadors), and indirect promotions consisting of advertising (such as tourist maps, brochures, pamphlets, website booklets, blogs, and other social media), as well as public relations (working together with the media to preach Sumenep 2018) promotion from Mouth to Mouth. This study uses SWOT analysis to determine the strengths, weaknesses, opportunities, threats of promotion mix conducted by DisparbudporaSumenep Regency Keywords: Promotion Strategy, Promotion Mix, Visit Sumenep 2018

Detail Jurnal