Detail Karya Ilmiah
-
FACEBOOK SEBAGAI MEDIA KAMPANYE (Studi Deskriptif Kualitatif Strategi Komunikasi Politik pada Fanspage Relawan Gus Ipul – Mbak Puti dalam Jejaring Sosial Media Facebook sebagai Media Kampanye menuju Pemilihan Kepala Daerah Jawa Timur)Penulis : Ahmad Zainul AbidinDosen Pembimbing I : Muhtar Wahyudi,S.Sos.,MADosen Pembimbing II :Abstraksi
Penelitian ini mendeskripsikan strategi komunikasi politik melalui fanpage Relawan Gus Ipul – Mbak Puti dalam jejaring media sosial facebook yang dilakukan oleh calon gubernur dan wakil gubernur jawa timur, Saifullah Yusuf dan Puti Guntur Soekarno. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Objek dalam penelitian ini adalah Fanpage Relawan Gus Ipul – Mbak Puti. Subjek pada penelitian ini adalah tim pemenangan dan tim media sosial Gus Ipul – Puti Soekarno. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Gus Ipul dan Puti dalam fanpage tersebut berusaha dimaksimalkan peranannya dengan meng-unggah konten sebanyak – banyaknya. Penentuan isu dalam konten fanpage disesuaikan dengan kebutuhan dan juga disesuaikan dengan peluang diterimanya pesan tersebut dalam khalayak yang dituju. Pesan yang disampaikan sudah memenuhi unsur informatif, edukatif dan persuasif. Komponen komunikasi yang meliputi komunikator, komunikan, media sudah terpenuhi namun mengalami sedikit hambatan pada komponen pesan. Kekalahan Gus Ipul – Puti Guntur Soekarno saat pemilu berlangsung menandakan adanya kelemahan dalam kampanye di media sosial khususnya fanpage tersebut yang belum tercover dengan baik. Namun, strategi kampanye melalui fanpage telah menambah warna baru pesta demokrasi dan juga menjadi pembelajaran politik terutama dalam pelaksanaan pemilu kepala daerah di jawa timur tahun 2018.
AbstractionThis research describes political communication strategy through fanpage of Gus Ipul - Mbak Puti volunteer in facebook social media network conducted by governor candidate and vice governor of east java, Saifullah Yusuf and Puti Guntur Soekarno. The method used is descriptive qualitative. Data collection techniques use observation, interview and documentation. The object of this research is Fanpage Volunteer Gus Ipul - Mbak Puti. The subject of this research is the winning team and social media team Gus Ipul - Puti Soekarno. The results showed that Gus Ipul and Puti in the fanpage tried to maximized its role by uploading as much content as possible. The determination of issues in the fanpage content is tailored to the needs and also adapted to the chances of receiving the message within the intended audience. The messages conveyed have fulfilled the informative, educative and persuasive elements. Communication components that include communicators, communicants, media are met but have little resistance to the components of the message. Defeat Gus Ipul - Pukar Guntur Soekarno during the election took place indicates a weakness in campaigns in social media, especially the fanpage is not well covered. However, the campaign strategy through fanpage has added a new color of democratic party and also become a political learning especially in the implementation of regional Governor elections in eastern Java in 2018.