Detail Karya Ilmiah
-
SALURAN KOMUNIKASI DAN PROSES PENGAMBILAN KEPUTUSAN WISATAWAN DI KABUPATEN BANGKALAN MADURAPenulis : MOCHAMMAD ARKANSYAHDosen Pembimbing I : Netty Dyah Kurniasari, S.Sos.,M.Med.KomDosen Pembimbing II :Abstraksi
Penelitian ini bertujuan menggambarkan dan mengkaji tentang penggunaan saluran komunikasi dalam pengambilan keputusan wisatawan berkunjung ke wisata Kabupaten Bangkalan Madura. Penelitian ini merupakan studi saluran komunikasi yang bersifat kualitatif dan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan pengisian kuisioner. Data dianalisis dengan menelaah, mereduksi, menyajikan dan penarikan kesimpulan. Data hasil observasi disajikan dalam bentuk gambar (foto). Data hasil studi kepustakaan disajikan dalam bentuk kutipan-kutipan untuk memperkuat temuan penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses penggunaan saluran komunikasi dalam pengambilan keputusan wisatawan berkunjung di wisata kabupaten bangkalan dalam proses penggunaan saluran komunikasinya sesuai dengan pengalaman mereka ada yang mengetahui dari media massa tersendiri maupun mengetahui secara langsung dari teman sebayanya maupun keluarga terdekatnya yang sudah pernah berkunjung kesana kemudian memberikan informasi mengenai seperti apa wisata di Bangkalan tersebut. Kata kunci : Saluran komunikasi, Proses pengambilan keputusan wisatawan
AbstractionThis study aims to describe and examine the use of communication channels in forming Tourist Decision Making in Bangkalan Madura. This study is a qualitative communication channel study. Data collection is done through indepth interviews. Data were analyzed by reviewing, reducing, presenting and drawing conclusions. The observation data is presented in the form of picture (photo). The literature study result data is presented in the form of quotations to strengthen the research findings. The results showed that the process of using the communication channel in shaping the decision of tourists visiting in bangkalan regency tour in the process of using their communication channels in accordance with their experience there is knowing from the mass media and find out directly from peers and closest relatives who have been to there then provide information on what kind of tour in Bangkalan. Keywords: Communication channel, Tourist Decision Making Process