Detail Karya Ilmiah
-
OBJEKTIFIKASI DAN KOMERSIALISASI PEREMPUAN BERHIJAB DALAM FOTOGRAFI MODEL (Studi Deskriptif Pada Majalah Auleea)Penulis : Rizky Eriek FitrianDosen Pembimbing I : Surokim, S.sos., M.Si.Dosen Pembimbing II :Abstraksi
Penelitian ini mendeskripsikan tentang sebuah perilaku objektifikasi dan komersialisasi yang terjadi kepada perempuan berhijab dalam fotografi model di majalah Auleea. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan observasi. Objek dalam penelitian ini adalah fotografi model dalam majalah Auleea. Subyek penelitian dalam menganalisis objektifikasi dan komersialisasi terdiri dari pihak yang memiliki kemampuan dan memahami majalah Auleea dari segala aspek yaitu redaktur dan fotografer majalah Auleea. Untuk menunjang data yang dibutuhkan diperoleh dari konsumen dan studi literatur tentang penelitian yang menunjang. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa dalam fotografi model berhijab, sebuah proses objektifikasi tidak berjalan seperti model pada umumnya, mereka lebih mendapatkan perlakuan atau sebuah objektifikasi yang berjalan secara halus, karena memang yang ditampilkan dari fotografi hijab, bukan keindahan tubuh, namun lebih ke apa yang dikenakanya. Perilaku objektifikasi terhadap perempuan berhijab dalam dunia fotografi khususnya di bidang industri media cetak, terjadi dalam dua tahap, yaitu objektifikasi oleh konsumen yang mengobjektifikasi perempuan lewat kesan menarik nya, dan dari fotografer model tersebut dalam bidang kategori pemilihan kriteria cantik. Untuk komersialisasi, peran perempuan berhijab dalam sebuah industri media sangat penting, karena dari model inilah yang menentukan bagaimana respon konsumen, serta meningkatkan jumlah penjualan majalah tersebut.
AbstractionThis study describes the objectification and commercialization behavior that occurs with hijab women in model photography in Auleea magazine. The method used is descriptive qualitative with data collection techniques using interviews and observations. The object in this study is model photography in Auleea magazine. The research subject in analyzing objectification and commercialization consists of parties who have the ability and understand the Auleea magazine from all aspects, namely the editor and photographer of Auleea magazine. To support the required data obtained from consumers and literature studies on supporting research. The results of this study indicate that in the hijab model photography, an objectification process does not run like a model in general, they get more treatment or an objectification that runs smoothly, because indeed what is displayed from hijab photography, not the beauty of the body, but rather what wear it. Behavioral objectification of hijab women in the world of photography, especially in the print media industry, occurs in two stages, namely objectification by consumers who objectify women through their attractive impression, and from the model photographer in the field of beautiful criteria selection categories. For commercialization, the role of hijab women in a media industry is very important, because it is from this model that determines how consumers respond, and increases the number of sales of the magazine.