Detail Karya Ilmiah

  • Komunikasi Artifaktual Melalui Komodifikasi Hijab Oleh Pengguna Hijab Di Universitas Trunojoyo Madura
    Penulis : Dewi Ayu Suyetno
    Dosen Pembimbing I : Yuliana Rakhmawati
    Dosen Pembimbing II :
    Abstraksi

    Penelitian ini berjudul Komunikasi Artifaktual Melalui Komodifikasi Hijab Oleh Pengguna Hijab Di Universitas Trunojoyo Madura. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Komunikasi artifaktual hijab oleh pengguna hijab di Universitas Trunojoyo Madura dan untuk mengetahui bagaimana komodifikasi hijab oleh pengguna hijab. Latar belakang penelitian ini dimana saat ini semakin berkembangnya model hijab di kalangan desainer baju muslim di Indonesia yang kini semakin diikuti oleh mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura. Objek peneliti dalam penelitian ini adalah mahasiswa muslimah Universitas Trunojoyo Madura yang menggunakan hijab dan terlihat tampil modis. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara semi terstruktur, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah komunikasi artifaktual yang di lakukan oleh mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura yang menggunakan hijab adalah dengan menggunakan baju dengan warna yang menarik perhatian, desain baju dan hijab yang mempunyai banyak aksen rumbai atau hijab yang bermotif, menggunakan make up dengan menggunakan aksesoris pendukung seperti tas atau warna sepatu yang sama untuk menunjang penampilan mereka. Komunikasi nonverbal dalam komunikasi artifaktual yang dilakukan oleh mereka meliputi pengaruh penampilan, hukum keindahan, pesan warna kulit, pesan-pesan attire dan gerak badan. Komodifikasi yang dilakukan oleh pengguna hijab di Universitas Trunojoyo Madura adalah dengan menggunakan hijab sebagai alat untuk eksistensi diri di dalam lingkungannya serta dunia maya dan mereka menggunakan hijab untuk mendapatkan keuntungan berupa materi dengan menerima endorsment dari toko online dan mendapatkan penghasilan dari menggunakan hijab. Kata Kunci: Hijab, Komunikasi Artifaktual, Komodifikasi, fashion

    Abstraction

    This thesis entitled Artifactual communication through commudification of Hijab by the hijab’s user in Trunojoyo University. It aims to know how the artifactual communication of hijab is portrayed in Trunojoyo Madura University and to know the commudification of hijab in Trunojoyo Madura university. The background of this study emerged because of the development of new model hijab around designers of muslim clothes in Indonesia. The Objects of this study are the muslim students in Trunojoyo Madura University who use the hijab and look stylish. This study uses descriptive qualitative method. The collecting data is conducted through sructured semi interview, observation and documentation. The result of this study shows that artifactual communication of students in Trunojoyo Madura university who use the hijab is by using the clothes that has color and interesting, the design of clothes and hijab is full of tassel accent or motif, using make up and accompanied by the accessories such as handbag or shoes who have the same color to kick their performance. The classification of nonverbal communication in the artifactual communication that is conducted by them involves the effect of performance, the beauty law, the message of skin color, attire’s messages and body movement. The commudificationn that is used by the user of hijab in Trunojoyo Madura University is by using the hijab as a tool of self existence in their environment and also in the virtual world and they use hijab to get advantages in the form of materi by receiving the endorsment from the online shop and get the income by using the hijab. Keywords : hijab, artifactual communication, commudification, fashions

Detail Jurnal