Detail Karya Ilmiah

  • Abstraksi

    Pada akhir tahun 2017, dunia pertelevisian Indonesia diramaikan dengan pernikahan putri nomer satu Presiden Republik Indonesia, Kahiyang Ayu. Pernikahan Kahiyang dan suaminya Bobby Nasution menjadi ajang lomba berbagai televisi swasta untuk menayangkan acara secara langsung pernikahan tersebut. Salaah satu yang menarik dari dari tayanagan “Insert Spesial Jokowi Mantu” di Trans Tv pada tanggal 7 November 2017. Mantu merupakan salah satu dari acara pernikahan Tradisonal Jawa telah mengalami bentuk komodifikasi budaya oleh Trans Tv. Penelitian ini menggunakan metode analisis wacana kritis model Teun A. Van Dijk yang memfokuskan dalam analisis teks. Kesimpulan yang ditarik dalam penelitian ini menunjukan adanya komodifikasi isi dalam tayangan tersebut. Komodifikasi terjadi melalui pengemasan dan penampilan budaya adat Jawa Tradisional untuk mendapatkan rating yang tinggi. Hasil dari penelitian ini dapat memperkarya penelitian akan komodifikasi dan ekonomi politik dalam tayangan televisi.

    Abstraction

    At the end of 2017, Indonesia's television is enlivened by the first daughter of president's marriage, Kahiyang Ayu. Kahiyang's marriage and her husband Bobby Nasution became the competition of various private television to lively broadcast the event. one of the most interesting is from the "Insert Special Jokowi Mantu" in Trans Tv on November 7, 2017. Mantu is one of the traditional Javanese wedding event which has been cultural commodified by Trans Tv. This research uses critical discourse analysis method of Teun A. Van Dijk model which focus in text analysis.The conclusions drawn in this study indicate the commodification of contents in the show. Commodification occurs through the packaging and appearance of traditional Javanese culture to obtain a high rating. The results of this study may raise research on commodification and political economy in television shows.

Detail Jurnal