Detail Karya Ilmiah
-
SANTRIPRENEUR (Studi Kasus Terhadap Nilai-Nilai Pada Bisnis Santri Pondok Pesantren Sidogiri, Kabupaten Pasuruan)Penulis : Robiatul AdaweyahDosen Pembimbing I : Khoirul Rosyadi, S.S,M.Si,Ph.DDosen Pembimbing II :Abstraksi
ABSTRAK Robiatul Adaweyah. 14.05.211.00089. Program Studi Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya. Universitas Trunojoyo Madura. Satripreneur (Studi Kasus Terhadap Nilai-Nilai Pada Bisnis Santri Pondok Pesantren Sidogiri, Kabupaten Pasuruan). Fenomena bisnis dikalangan santri pondok pesantren sudah menjadi hal yang biasa, santri yang dikenal sebagai orang yang mendalami ilmu agama saat ini mampu melakukan suatu perubahan terutama dalam bidang perekonomian dengan cara berbisnis. Seperti yang dilakukan oleh para santri Pondok Pesantren Sidogiri, kabupaten Pasuruan yang mampu melakukan pemberdayaan ekonomi bagi santri dan pesantren dengan mengelola beberapa unit bisnis seperti AMDK (Air Minum Dalam Kemasan) merk Santri dan Ritel Basmalah yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Dalam kegiatan bisnis tidak terlepas dari adanya suatu nilai yang dijadikan ukuran tentang baik buruknya suatu tindakan dalam berbisnis dan berpengaruh terhadap keberhasilan suatu bisnis. Berdasarkan pada konteks diatas, penelitian kemudian bertujuan untuk mengetahui tentang nilai-nilai apa saja yang terdapat pada bisnis santri Pondok Pesantren Sidogiri. Adapun metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus dan instrument yang digunakan adalah dengan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat suatu nilai-nilai yang dijadikan sebagai dasar dalam mengelola bisnis diantaranya meliputi kejujuran, amanah/tanggung jawab, keadilan, tepat waktu dan professional yang berpengaruh terhadap keberhasilan bisnis. Selain itu yang menjadi motivasi tersendiri untuk berbisnis tidak lain karena adanya keinginan untuk mandiri dengan tidak bergantung kepada orang lain dalam memenuhi kebutuhan dana pribadi dan membantu memenuhi kebutuhan biaya operasional pondok pesantren, berkhidmah sebagai wujud pengabdian santri terhadap masyarakat dengan menyediakan kebutuhan pokok masyarakat serta adanya keinginan untuk menyambung tali silaturohim kepada masyarakat maupun masyarakat terhadap Pondok Pesantren Sidogiri. Adapun nilai-nilai yang dibangun dalam berbisnis tidak lain merupakan suatu nilai-nilai yang terdapat dalam ajaran agama Islam yang kemudian diterapkan dalam berbisnis. Kata kunci : Nilai-Nilai, Bisnis Santri, Pondok Pesantren Sidogiri.
AbstractionABSTRACT Robiatul Adaweyah. 14.05.211.00089. Sociology Study Program, Faculty of Social and Cultural Sciences. University of Trunojoyo Madura.Satripreneur (Case Study Against Values on Religious Students’ Business of Sidogiri Boarding School, Pasuruan Regency). The phenomenon of business among Islamic boarding school students has become familiar, students’ who are known as people who study about religion are currently able to make a change, especially in the economic field by doing business. As was done by the students’ of Sidogiri Islamic Boarding School, Pasuruan regency who are able to do economic empowerment for students’and boarding schools by managing several business units such as AMDK (Bottled Drinking Water) Santri brand and Basmalah Retail spread across various regions in Indonesia. In business activities could not be separated from the existence of a value which is used as a measure of the good and bad of an action in doing business and affect the success of a business. Based on the context above the research then aims to find out what values are found in the Sidogiri Islamic Boarding School students’ business. The method used is a qualitative method with a case study approach and the instruments used are observation, interviews, and documentation studies. The results of this study indicate that there are values which used as a basis for managing a business including honesty, trust / responsibility, fairness, timely and professional influence on business success. Besides that, being a separate motivation for doing business is none other than the desire to be independent by not relying on others to meet personal funding needs and help meet the operational costs of Islamic boarding schools, khidmah as a form of students’ dedication to society by providing basic needs of the community and the desire to connect the relationship rope to the community and society towards the Sidogiri Islamic Boarding School. As for the values built in business is nothing but a value contained in the teachings of Islam which is then applied in business. Keywords: Values, Religious Students’ Business, Sidogiri Boarding School.