Detail Karya Ilmiah
-
TINDAKAN SOSIAL NELAYAN JURAGAN TERHADAP PENDIDIKAN ANAK (Studi Fenomenologi di Desa Campurejo Kecamatan Panceng Kabupaten Gresik)Penulis : Fanti DenovitaDosen Pembimbing I : Khoirul Rosyadi, S.S. M. Si., Ph.DDosen Pembimbing II :Abstraksi
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tindakan sosial nelayan juragan terhadap pendidikan anak di Desa Campurejo Kecamatan Panceng Kabupaten Gresik. Teori yang digunakan adalah teori tindakan sosial. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah fenomenologi dengan sumber data utama terdiri dari empat nelayan juragan dengan catatan nelayan juragan yang berpenghasilan tinggi dan dua anak dari nelayan juragan dengan catatan tidak melanjutkan pendidikan sampai perguruan tinggi. Teknik sampling yang digunakan peneliti adalah teknik purposive sampling, sedangkan sumber data yaitu dari data primer dan data sekunder, kemudian teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Validitas data dalam penelitian ini menggunakan metode triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minimal pendidikan yang harus diperoleh anak nelayan juragan harus setingkat SMA/Sederajat. tindakan sosial yang diarahkan nelayan juragan terhadap anaknya merupakan tindakan rasional instrumental. Mereka memberikan pendidikan yang cukup untuk anaknya karena mereka menganggap bahwa pendidikan sangat penting dan berpengaruh terhadap masa depan sang anak. Motivasi yang mendorong nelayan juragan untuk menyekolahkan anaknya adalah agar nantinya anak tidak menyesal nantinya karena tidak bisa melanjutkan pendidikan setinggi mungkin, hal lain yang mendorong nelayan juragan untuk memberikan pendidikan kepada anaknya adalah agar mendapatkan pekerjaan yang layak. Makna yang mendasari nelayan untuk berbuat demikian terhadap pendidikan anak salah satunya adalah agar anak tersebut mengerti dalam segala jenis ilmu pengetahuandan sukses dalam kehidupan. Kata Kunci: Pendidikan, Tindakan Sosial, Nelayan Juragan, Gresik
AbstractionThis research focuses on discovering fisherman skippers’ social action towards their children’s education in the village of Campurejo, Panceng district, Gresik. The theory applied on this research is social action theory. This research uses qualitative method and phenomenological approach with the data source consists of four wealthy fisherman skippers whose two children among them do not access higher education at the college. The sampling technique used on this research is purposive sampling, the data source are from primary and secondary data, and then the data collection is through observation, in depth interview and documentation. The data validation in this research uses the source triangulation method. The result of the research shows that at least the children of the fisherman skippers have to graduate from high school or from the same level of education. Social action applied by the fisherman skippers to their children is the rational instrumental action. They provide enough education for their children because they think that it will affect their future. The motivation of the fisherman skippers to provide enough education for their children until high school is that they would not be disappointed if they could not pursue any higher education. Another thing that prompt the fisherman skippers to provide education for their children is the possibility of better jobs. The underlying value for the fisherman skippers for doing so regarding their children’s education is that the children would have the knowledge of all sciences and have a success in life. Key words: Education Value, Social Action, Fisherman Skippers, Gresik