Detail Karya Ilmiah

  • Abstraksi

    ABSTRAK Muhammad Bakri. 14.05.211.000.78. Program Studi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya, Universitas Trunojoyo Madura. Modal Sosial Dalam Paguyuban Pedagang Suramadu Gerbang Madura (Studi Kasus Modal Sosial Dalam Paguyuban Pedagang Suramadu Gerbang Madura Di Kawasan Jembatan Suramadu). Dibawah bingbingan Khoirul Rosyadi S.S,. M.Si,. Ph.D. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji lebih dalam tentang modal sosial dalam paguyuban pedagang Suramadu gerbang Madura yang di bentuk oleh para pedagang souvenir khas Madura yang ada di kawasan Jembatan Suramadu. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara mengenai modal sosial dalam paguyuban pedagang Suramadu gerbang Madura di kawasan Jembatan Suramadu. Informan dipilih menggunakan motede purposive sampling. Analisis data menggunakan teknik Miles dan Huberman. Teknik pemeriksaan data menggunakan triangulasi teknik. Hasil dari penelitian ini bahwa adanya modal sosial didalam paguyuban pedagang Suramadu gerbang Madura merupakan salah satu komponen yang dapat menggerakkan rasa kepercayaan, kebersamaan dan kesaling menguntungkan untuk mencapai tujuan bersama dalam paguyuban pedagang Suramadu gerbang Madura. Modal sosial yang ada di Paguyuban Pedagang Suramadu gerbang Madura meliputi kepercayaan terhadap sesama anggota yang menjadikan paguyuban ini memiliki tujuan bersama, jaringan sosial dalam mendapatkan kemudahan dalam membangun hubungan dengan anggota, pemerintah dan badan pengawas dan juga norma yang berlaku dalam paguyuban pedagang Suramadu gerbang Madura Kata kunci : Modal Sosial, Paguyuban, dan Pedagang.

    Abstraction

    ABSTRACT Muhammad Bakri. 14.05.211.000.78. Sociology Study Program. Faculty of Social and Cultural Sciences. Trunojoyo University, Madura. Social Capital of Suramadu Seller Association in Madura Tollgate. (A case study about social capital of Suramadu seller association in Madura tollgate). Advisors: Khoirul Rosyadi S.S,. M.Si,. Ph.D. This study aims to find the answer of the question on how is the social capital of Suramadu seller association in Madura tollgate which was organized by Madura souvenir seller. Data collection method using observation and interview about social capital in the merchant's Gate Madura Suramadu associations in the area of Suramadu bridge. Informants are chosen using a purposive sampling motede. Data analysis using the techniques, Miles and Huberman. Inspection techniques data using triangulation techniques. The results from this study that the presence of social capital in the Madura Suramadu gateway Merchants Association is one of the components that can drive a sense of togetherness and belief, kesaling is profitable to achieve together in paguyuban Suramadu merchant gateway of Madura. The social capital that exists in the merchant's Gate Madura Suramadu. Associations include the trust of fellow members of the Association which made it have a common goal, social networks in getting the ease in building relationships with members, the Government and the Board of Trustees and also norms applicable in the merchant's Gate Madura Suramadu associations Key word: Social Capital, Association, and Sellers.

Detail Jurnal