Detail Karya Ilmiah

  • Modal Sosial Baru (Studi Kasus tentang Penggunaan Media Sosial pada Dropshiper OrIflame Surabaya)
    Penulis : Mei Pungki Arganita
    Dosen Pembimbing I : Khoirul Rosyadi, S.S. M.Si., Ph.D
    Dosen Pembimbing II :
    Abstraksi

    ABSTRAK Mei Pungki Arganita, Program Studi Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya. Skripsi ini tentang Modal Sosial baru (Studi tentang Penggunaan Media Sosial pada Dropshiper Oriflame di Surabaya) di bawah bimbingan Khoirul Rosyadi,S.S., M.Si., Ph.D. Modal sosial baru adalah modal sosial yang memanfaatkan sosial virtual, yang menjadikan internet sebagai tempat bersosialisasi. Modal sosial baru kini banyak digunakan oleh para pebisnis salah satunya yaitu dropshiper Oriflame yang ada di Surabaya. Adanya modal sosial baru sendiri akibat dari perkembangan zaman yang kini membuat banyak orang menggunakan media sosial sebagai media sosialisasi. Media sosial juga telah menjadi alat untuk menjalankan bisnis secara online. Menurut Fukuyama salah satu peran teknologi dengan adanya media sosial yang kini telah memberikan dampak positif kepada pelaku bisnis adalah mempermudah dalam memperluas modal sosial seperti jaringan sosial. Sedangkan menurut John Field bahwa manfaat dari media online juga dapat memberi tambahan tingkat pendapatan bagi aktor ekonomi dalam menumbuhkan modal sosial dengan komunitas online, kehadiran internet telah mengembangakan modal sosial dalam memperkaya koneksi dan jaringan pada manusia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh modal sosial baru dalam penggunaan media sosial pada dropshiper Oriflame di Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode kuaalitatif dan pendekatan studi kasus. Dalam penelitian ini menggunakan teknik pengambilan informan secara purposive sampling. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data observasi, wawancara, dokumentasi, triangulasi, dan analisis data. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terjadinya modal sosial pada dropshiper Oriflame di Surabaya yaitu berawal dari modal sosial dan konektivitas internet yang kemudian membuat ruang sosial baru yang menjadikannya interaksi secara online kemudian menimbulkan hubungan kasual, jarinagan baru dan hubungan secara profesioanl yang akhiranya menjadikan modal sosial baru pada dropshiper Orifalame di Surabaya. Kata Kunci: Modal Sosial Baru, Dropshiper, Media Sosial

    Abstraction

    ABSTRACT Mei Pungki Arganita is the student of Sociology department, Faculty of Social and Cultural Sciences. This thesis is about Modal sosial baru (Study on the Use of Social Media in Oriflame Dropshiper in Surabaya) with the supervisor is Mr.Khoirul Rosyadi, S.S., M.Si., Ph.D. Modal sosial baru is modal sosial that utilizes the virtual social, which makes the internet as a media socialize. Modal sosial baru is now widely used by businessmen. One of them is an Oriflame dropshipper in Surabaya. The existence of modal sosial baru itself due to the development of the times that now make a lot of people use social media as a medium of socialization. Social media has also become a tool for running businesses online. According to Fukuyama, one of the roles of technology with the social media that now has a positive impact on the business is to facilitate in expanding modal sosial such as social networks. While according to John Field that the benefits of online media can also provide an additional level of income for economic actors in growing modal sosial with online communities, the internet presence has developed modal sosial in enriching human connections and networks. The purpose of this study is to determine the effect of modal sosial baru on the use of social media at the Oriflame drop shipper in Surabaya. This research uses a qualitative method and case study approach. This study is using the technique of taking informants by purposive sampling. This research uses data collection methods of observation, interview, documentation, triangulation, and data analysis. Based on the results of the study can be concluded that the occurrence of modal sosial in Oriflame dropshiper in Surabaya is originated from modal sosial and internet connectivity which then create a new social space that makes it online interaction then causing a causal relationship, new connection, and professional relationships which make the modal sosial baru at Oriflame drop shipper in Surabaya. Keywords:New Social Capital, Dropshiper, Social Media.

Detail Jurnal