Detail Karya Ilmiah

  • STRATEGI ADAPTASI PEDAGANG TOKO KELONTONG DALAM MENGHADAPI PERTUMBUHAN MINIMARKET DI MADURA (Studi Kasus di Desa Tellang Kecamatan Kamal Kabupaten Bangkalan)
    Penulis : DIAH SULISTYANI
    Dosen Pembimbing I : Merlia Indah Prastiwi, S.Sos,. M.Sosio
    Dosen Pembimbing II :
    Abstraksi

    Diah Sulistyani, 140521100042. Program Studi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya, Universitas Trunojoyo Madura. “Strategi Adaptasi Pedagang Toko Kelontong dalam Menghadapi Pertumbuhan Minimarket di Madura” (Studi Kasus di Desa Tellang Kecamatan Kamal Kabupaten Bangkalan) Semakin meningkatnya kebutuhan manusia serta terus berkembangnya teknologi membuat pertumbuhan minimarket terus meningkat di Kecamatan Kamal, hal ini membuat masyarakat Desa Tellang beralih untuk berbelanja di minimarket di bandingkan di toko kelontong. Permasalahannya adalah bagaimana strategi adaptasi pedagang toko kelontong dalam menghadapi pertumbuhan minimarket di Desa Tellang Kecamatan Kamal Kabupaten Bangkalan Madura. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi-strategi yang digunakan oleh pedagang toko kelontong untuk tetap bertahan dalam menghadapi pertumbuhan minimarket. Subjek dari penelitian ini adalah pedagang toko kelontong yang ada di Desa Tellang, subjek dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dengan melakukan observasi non participan dan wawancara. Analisis data menggunakan teknik menurut Miles dan Huberman. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini bahwa adaptasi yang dilakukan dibagi menjadi tiga yakni adaptasi perilaku, adaptasi siasat dan adaptasi proses. Strategi adaptasi yang dilakukan oleh pedagang toko kelontong antara lain dengan melengkapi barang yang dijual, komunikasi yang baik, jam buka toko, strategi dalam pengemasan barang, penentuan harga yang tepat, memberikan potongan harga dengan syarat tertentu, dan sistem membayar. Dengan cara demikian pedagang toko kelontong bisa menambah penghasilan. Namun tidak semua strategi yang digunakan oleh pedagang toko kelontong bisa menambah penghasilan tetapi minimal pedagang toko kelontong bisa bertahan ditengah banyaknya minimarket. Kata kunci : minimarket, toko kelontong, Desa Tellang, strategi adaptasi.

    Abstraction

    Diah Sulistyani, 140521100042. Sociology Study Program Faculty of Social and Cultural Sciences, University of Trunojoyo Madura. " Convience Store Adaptation Strategy in Facing Minimarket Growth in Madura" (Case Study in Tellang Village, Kamal Sub-district, Bangkalan District). The increasing human needs and the continuous development of technology makes the growth of minimarket continue to increase in Kamal District, this makes the people of Tellang Village switch to shopping in minimarket than in the convience store. The problem is how the convience store adaptation strategy in facing the growth of minimarket in Tellang Village, Kamal District, Bangkalan, Madura. The purpose of this research is to know the strategies used by convience store merchants to stay afloat in the face of growth minimarket. Subject of this research is convience store merchant that exist in Tellang Village, subject chosen by using purposive sampling method. The method used is qualitative research with case study approach. Data collection by doing non participant observation and interview. Data analysis using techniques according to Miles and Huberman. Technique examination of data validity using source triangulation. The results of this study that the adaptation is divided into three namely behavioral adaptation, adaptation of tactics and adaptation process. Adaptation strategies undertaken by convience store merchants include, among others, the completion of goods sold, good communication, shop opening hours, strategy for packing goods, correct pricing, discounting on certain conditions, and paying systems. That way convience store merchants can supplement their income. But not all the strategies used by convience store merchants can supplement income but at least convience store sellers can survive amid the number of minimarkets. Keywords: minimarket, convience store, Tellang village, adaptation strategy.

Detail Jurnal