Detail Karya Ilmiah
-
LAKI-LAKI GURU PAUD (Studi Di PAUD Kecamatan Bangkalan Kabupaten Bangkalan)Penulis : Cicik Nupila SariDosen Pembimbing I : Merlia Indah Prastiwi S.Sos.,M.SosioDosen Pembimbing II :Abstraksi
ABSTRAK Cicik Nupila Sari, 140521100017. Program Studi Sosiologi Fakutas Ilmu Sosial Dan Ilmu Budaya Universitas Trunojoyo Madura.”Laki-Laki Guru PAUD (Studi Di Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini Kecamatan Bangkalan Kabupaten Bangkalan). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui motif atau alasan yang mendasari laki-laki memilih profesi menjadi guru PAUD di Lembaga pendidikan anak usia dini Kecamatan Bangkalan Kabupaten Bangkalan. Subjek dari penelitian ini adalah laki-laki yang telah berprofesi menjadi seorang guru pendidikan anak usia dini (PAUD). Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara secara mendalam serta dokumentasi. Informan dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling. Analisis data menggunakan teknik Sugiyono yakni mengkatagorikan data, mengamati kembali hasil wawancara, menyusun data, melakukan sintesis terhadap pernyataan hasil transkip (wawancara), dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa laki-laki guru pendidikan anak usia dini merupakan sosok yang dibutuhkan didalam pendidikan anak usia dini, karena anak-anak usia dini membutuhkan kedua sosok laki-laki dan perempuan agar seimbang guna pembentukan karakter seorang anak. Sedangkan alasan yang mendasari laki-laki menjadi guru pendidikan anak usia dini adalah adanya faktor pendorong, yang pertama dari diri sendiri karena dari awal memiliki keinginan/ cita-cita menjadi seorang pendidik dan karena kesenangannya terhadap anak-anak. Yang kedua yakni dorongan dari pihak orang tua yang menginginkan anaknya menjadi seorang guru pendidikan anak usia dini dengan harapan dapat mensejahterakan kehidupannya kedepan. Dorongan yang ketiga adalah dari lingkungan dan teman sebaya yang memotivasi untuk menjadi seorang guru pendidikan anak usia dini. keempat adalah skill/ keterampilan yang dimiliki tersebut berkaitan dengan anak-anak usia dini. Dan yang terakhir yakni karena sulitnya mencari lapangan pekerjaan yang lebih mapan serta sulitnya persaingan didunia pekerjaan. Penelitian ini menggunakan teori pilihan rasional dari James S. Coleman, karena teori ini relevan dengan hasil penelitian bahwa ada dua unsur utama teori Coleman yakni aktor dan sumber daya. Aktor merupakan pelaku dari tindakan yang dilakukan berdasarkan pertimbangan-pertimbangan atas sumber daya yang ada. Sedangkan, sumber daya adalah suatu yang menarik perhatian dan yang dapat dikontrol oleh aktor. Dan yang dimaksud aktor didalam penelitian ini adalah laki-laki yang berprofesi menjadi guru PAUD dan sumber daya disini adalah anak-anak usia dini. Kata Kunci : Laki-laki Guru PAUD, Pilihan Rasional.
AbstractionABSTRACT Cicik Nupila Sari, 140521100017. Sociology study program. Faculty Of Social And Cultural Sciences University Of Trunojoyo Madura. “male teacher of PAUD (Study in institution early childhood education programs Bangkalan sub-district Bangkalan Regency). The purpose of the study is to know the underlying motive of male choosing a profession to be a teacher of early childhood education (PAUD) in institution early childhood education programs Bangkalan sub-district Bangkalan Regency). The subject of this research is a male who has a profession to be a teacher of early childhood education programs (PAUD). Method of collecting data using observation and interview deeply also documentation. Informants were selected using purposive sampling. Analyzing the data using techniques of sugiyono i.e. categorize data, observe the results of the interview, compile data, doing synthesis of transkirp (interview), and making a conclusion. Techniques of checking the validity of data using source triangulation. The result of the study showing that male teacher of early childhood education is a figure that is need in early childhood education, because children of early age require both male and female figures. While the underlying reasons for male becoming teachers of early childhood education is the presence of factor, the first is becoming of herself because from the beginning have the desire/ aspiration to become an educator and also because of pleasure to the children. The second is the encouragement of the parents who want their children to become a teacher of early childhood education with the hope of prospering his future life. The third impulse is from the environment and peers are motivating to become a teacher of early childhood education. The fourth is the skill/ skill possessed is related to children of early age. And the last because of the difficulty of finding a more established jobs and difficult competition in job world. The study using theory of choice from James S. Coleman, because the theory is relevant to the results of the study that there are two main elements of Coleman’s theory of actor and resource. Actor is the actor of the action based on considerations of existing resources. While the resource is an interest and which can be controlled by the actor. And referred the actor in this study are male who work as teacher of early childhood education (PAUD) and resource is children of early age. Keywords : Male childhood education teacher, rational choice.