Detail Karya Ilmiah

  • The Use Of Cohesive Devices In Writing Short Story At The Third Grade Of Al Anwar Senior High School In Trenggalek
    Penulis : Lukman Fauzi
    Dosen Pembimbing I : Mohammad Halili, MLang.St
    Dosen Pembimbing II :-
    Abstraksi

    Kohesi adalah hubungan antar elemen dengan elemen lainnya pada teks yang ditunjukkan sebagian pada tata bahasa dan sebagian pada kosakata. Penelitian ini fokus pada tipe-tipe dan fungsi darai alat-alat kohesi yang dipakai penulisan cerita pendek oleh kelas tiga SMA Al Anwar di Trenggalek. Penelitian ini termasuk penetian deskriptif qualitative dengan pendekatan discourse analysis. Sumber data diambil dari penulisan cerita pendek oleh kelas tiga SMA Al Anwar di Trenggalek. Data-data tersebut dianalisis menggunakan teori kohesi menurut Halliday & Hasan. Instrumen pada penelitian ini adalah peneliti karena penulis adalah satu-satunya orang yang mengobservasi objek penelitian, mengumpulkan data analisis, dan menganalisisnya. Ada beberapa cara pada pengumpulan analisis data, yang pertama adalah membaca data-data tersebut beberapa kali untuk memahami konteks pada teks. Cara selanjutnya adalah mencari pernyataan yang berisi alat-alat kohesi. Selanjutnya adalah memberi kode pada pernyataan yang berisi alat-alat kohesi dengan menggunakan tulisan tebal dan garis bawah. Cara terakhir adalah mendeskripsikan hasil analisis dan membuat kesimpulan. Pada hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kedua tipe kohesi gramatik dan kohesi leksikal ditemukan pada data ini. Ini dapat disimpulkan bahwa tipe pada kohesi gramatik yang sering digunakan pada data ini adalah reference, substitution, ellipsis, conjunction. Pada kohesi leksikal, dua tipe pada kohesi ini yaitu reiteration dan collocation juga ditemukan. Berdasarkan hasi penelitian, saran-saran yang direkomendasikan untuk peneliti selanjutnya adalah supaya mereka menggunakan bidang yang berbeda pada objek penelitian. Penelitian ini diharapkan bias berguna untuk penulisan paragraph yang baik. Kata kunci: Cohesive devices, Grammatical cohesion, Lexical cohesion.

    Abstraction

    Cohesion is the relationship between an element to another in a text which is expressed partly through grammar and partly through vocabulary. Cohesive devices include reference, substitution, ellipsis, conjunction, lexical cohesive. This research focuses on the types and the functions of cohesive devices which are used in Writing Short Story At The Third Grade of Al Anwar Senior High School in Trenggalek. This study is descriptive qualitative research with discourse analysis approach. The data sources are taken from short story writing of 3rd Grade of Al Anwar Senior High School in Trenggalek. The data were analyzed by using Halliday & Hasan’s theory of cohesion. The research instrument is the writer because the writer is the one who is able to collect and analyse the data. There are some steps in collecting and analyzing the data, the first is reading these data many times to understand the context. The next step is choosing utterance containing cohesive devices. The next is coding the utterance containing cohesive devices by using the bold and underlines. The last step is describing the finding and making a conclusion. The finding of the study shows that the devices both in grammatical and lexical cohesion are found in the data. It can be concluded that the type of grammatical cohesion found in student’s short story writing are reference, substitution, ellipsis, conjunction. For lexical cohesion, the two types of lexical cohesion namely reiteration and collocation are used. Base on the finding, the suggestions are recommended to further researcher in order to use cohesive devices in my appropriate way. Also, hopefully this research can be useful for better paragraph writing. Keywords: Cohesive devices, Grammatical cohesion, Lexical cohesion.

Detail Jurnal