Detail Karya Ilmiah

  • The Social Domination of White-skin Students over Black-skin Ones in Robin Talley's Lies We Tell Ourselves
    Penulis : Izzatun Nafsi Mustafidah
    Dosen Pembimbing I : Zakiyatul Mufidah, M.Hum
    Dosen Pembimbing II :
    Abstraksi

    Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab dua pertanyaan penelitian; bagaimana cara siswa kulit putih mendominasi siswa kulit hitam dalam novel Lies We Tell Ourseles dan bagaimana Teror Sistematis yang dialami oleh siswa kulit hitam dalam novel Lies We Tell Ourselves. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan desain penelitian deskriptif kualitatif. Instrumen penelitian dari penelitian ini adalah penulis sendiri. Data dalam penelitian ini berupa ujaran yang berisi dominasi siswa kulit putih terhadap siswa kulit hitam. Sumber data dalam penelitian ini adalah sebuah novel berjudul Lies We Tell Ourselves yang ditulis oleh Robin Talley. Penelitian ini menggunakan Dominasi Sosial yang dikemukakan oleh Jim Sidanius dan Felicia Prato. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dominasi sosial kulit putih terhadap siswa yang berkulit hitam memiliki beberapa tipe: (1) Individu Bersyarat Diskriminasi, (2) Diskriminasi Kelembagaan Disengaja, (3) Perilaku Asimetri, (4) Legitimasi Mitos, dan (5) Teror Sistematis. Semua sosial dominasi di atas memiliki satu tujuan, yaitu untuk menunjukkan pada siswa kulit hitam bahwa siswa kulit putih menjadi dominan dan cenderung mendominasi dan menjadi sangat baik. Kata Kunci: Kritik Marxis, Dominasi Sosial, Teror Sistematis.

    Abstraction

    This study is intended to answer to two research questions; how do the white-skin students dominate over the black-skin ones in Lies We Tell Ourseles and how are the systematic terror experienced by the black-skin students in Lies We Tell Ourselves. This study was conducted by using qualitative descriptive research design. The research instrument of this study was the writer herself. The data of this study are the utterances which contains of the domination of white-ski students over black-skin students. The sources of data is a novel entitled Lies We Tell Ourselves written by Robin Talley. This study uses Social Dominance coined by Jim Sidanius and Felicia Prato. The results of this study show that the social domination of white-skin students over black-skin ones has several types: (1) Agreegated Individual Discrimination, (2) Agreegated Institutional Discrimination, (3) Behavioral Asymmetry, (4) Legitimizing Myth, and (5) Systematic Terror. All the social dominations above have one goal. It is to show to the black-skin students that white-skin students become dominant and tend to dominate and be excellent. Keywords: Marxist Criticism, Social Dominance, Systematic Terror.

Detail Jurnal